Mengenal Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing atau bisa disebut dengan foreign exchange market adalah tempat yang memfasilitasi kegiatan perdagangan, pertukaran, atau berbagai transaksi valuta asing dari berbagai negara.

Fungsi Pasar Valuta Asing/Foreign Exchange

  1. Mempermudah pertukaran valuta asing serta pemindahan dana dari satu negara ke negara lainnya. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah karena pasar valuta asing akan menyediakan pelayanan serta fasilitas untuk perubahan mata uang.
  2. Mempermudah pembayaran yang tidak perlu segera dituntaskan dengan cara menyediakan fasilitas kredit untuk kegiatan jual beli.
  3. Tersedianya perlindungan terhadap perubahan kurs dengan cara hedging untuk mengurangi risiko kerugian.

Pelaku Pasar Valuta Asing

Dealer / Market Maker

Dealer adalah sebutan untuk bank-bank besar yang menciptakan pasar valuta asing. Berperan sebagai perantara bagi nasabah dan sebagai pihak yang menentukan persediaan mata uang tertentu. Dari situ, dealer bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga jual beli kurs,

Perusahaan

Perusahaan adalah salah satu pelaku di dalam pasar valuta asing. Perusahaan ada di dalam pasar dengan tujuan agar bisnisnya dalam hal importir, eksportir, dan investor dapat berjalan dengan lancar karena kegiatan-kegiatan tersebut membutuhkan valuta asing di dalamnya.

Arbitrator dan Spekulan

Arbitrator adalah pihak dalam sebuah perundingan yang bisa menentukan kesepakatan untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan perbedaan harga. Spekulan adalah pihak yang memperkirakan perubahan nilai mata uang untuk memperoleh keuntungan dari perubahan tersebut. Jadi, peran arbitrator dan spekulan hanya dengan motif untuk memperoleh keuntungan.

Pialang

Pialang adalah pihak yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli atau harga sebuah mata uang. Karena itu, pialang jadi memiliki akses untuk berkomunikasi dengan dealer, bank, dan para nasabah. Untuk menjadi perantara, pialang mengenakan biaya yang disebut brokerage. Sebagai pialang haruslah menguasai informasi di dalam pasar karena hal itu menjadikan pialang sebagai pihak yang menjadikan pasar valuta asing menjadi pasar yang efisien.

Foreign exchange
Pialang dapat menjadi perantara serta memiliki akses untuk berkomunikasi dengan beberapa pihak

Bank Sentral

Bank sentral adalah pihak yang mengontrol pasar dengan melaksanakan pengendalian mata uang, inflasi, dan suku bunga. Bank sentral juga bisa mengorbankan devisanya demi kurs dalam pasar menjadi stabil agar dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian negara karena bank sentral memegang peran yang sangat penting di dalam pasar valuta asing.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Valuta Asing

Kelebihan pasar valuta asing :

  • Perdagangan antarnegara semakin berkembang
  • Kegiatan di dalam pasar valuta asing dapat dilakukan 24 jam
  • Naik turunnya harga pada mata uang dapat dijadikan sebuah keuntungan
  • Mempermudah pertukaran mata uang asing suatu negara dengan negara lain

Kekurangan pasar valuta asing

  • Kegiatan di dalam pasar valuta asing masih sulit dilakukan untuk masyarakat menengah ke bawah
  • Dapat menyebabkan inflasi atau kenaikan harga secara umum
  • Risiko kurs yang tidak dapat dipastikan
  • Risiko yang di dapat tiap negara berbeda-beda tergantung bagaimana kebijakan pemerintahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *