Bagaimana Cara Transaksi Valas?

Transaksi valas adalah mekanisme penukaran nilai mata uang rupiah sebuah negara dengan nilai mata uang negara lain. Transaksi ekspor dan impor, penanaman modal asing, kebutuhan dana antar negara, dan masih banyak yang lainnya yang menyediakan layanan transaksi valas. Transaksi valas ada beberapa jenisnya yaitu transaksi spot, transaksi forward, transaksi swap, dan transaksi opsi.

Transaksi Spot

Transaksi spot adalah salah satu cara untuk saling menukarkan mata uang. Kurs penukaran tersebut sesuai dengan yang berlaku di dalam pasar spot berdasarkan permintaan dan penawaran antar bank. Transaksi spot dibagi menjadi dua, yaitu transaksi spot tunai dan transaksi spot transfer.

Transaksi spot tunai adalah cara yang cepat karena bisa dilakukan langsung saat itu juga misal ketika nasabah akan menukarkan uang rupiahnya menjadi uang dolar Singapura, atau sebaliknya. Penukaran uang dapat dilakukan ketika kedua pihak (nasabah dan penyedia layanan) sudah sepakat dengan harga kurs tersebut.

Transaksi spot transfer adalah transaksi yang menggunakan valas non-fisik. Penukaran uang asing juga tidak dilakukan secara langsung seperti transaksi spot tunai, karena cukup membutuhkan waktu untuk menyelesaikan proses transaksi tersebut.

Bagaimana Cara Transaksi Valas?

Di dalam transaksi spot transfer ini terdapat tiga pilihan periode waktu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Spot : Transaksi spot dengan periode dua hari kerja setelah tanggal dilakukannya transaksi
  • Tom : Transaksi spot dengan penyerahan dalam waktu satu hari setelah terjadi kontrak transaksi
  • Today : Transaksi spot yang penyerahannya dilakukan pada hari yang sama dengan tanggal dibuatnya transaksi

Transaksi Forward

Transaksi forward adalah transaksi valuta asing dengan kurs yang ditetapkan pada saat dilakukannya transaksi. Transaksi ini adalah salah satu cara untuk meminimalisir risiko atau kerugian akibat fluktuasi nilai tukar. Pemberian dana dilakukan pada masa yang akan datang karena terjadi dua hari setelah dilaksanakannya transaksi atau bisa sampai satu tahun. Penghitungan kurs dalam transaksi forward dilihat berdasarkan kurs transaksi spot dan perbedaan tingkat bunga antara kedua mata uang yang akan melakukan transaksi.

Transaksi Swap

Transaksi swap adalah gabungan antara transaksi spot dan transaksi forward. Misalkan nasabah ingin melakukan penjualan mata uang asing dengan menggunakan transaksi spot, lalu melakukan pembelian mata uang asing untuk waktu yang akan datang dengan menggunakan transaksi forward. Dua transaksi tersebut dilakukan pada tanggal transaksi yang sama dan pada bank yang sama.

Transaksi Option

Transaksi option adalah transaksi yang memberikan hak kepada pembeli untuk melakukan pembelian atau penjualan valuta asing dengan harga dan waktu tertentu berdasarkan perjanjian kontrak yang telah disepakati. Kontrak di dalam transaksi option ada dua jenis, yaitu

  • Call option : Hak untuk membeli valuta asing
  • Pull option : Hak untuk menjual valuta asing

Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai call option dan pull option di dalam sebuah situs yaitu option.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.