stock-market

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modal

Segala sesuatu pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan, kebaikan dan keburukan, atau keuntungan dan kerugian. begitu pula dengan pasar modal.

Kelebihan Pasar Modal

Sumber Pendanaan Bagi Perusahaan

Perusahaan yang memiliki kendala perihal pendanaan dalam tujuan untuk mengembangkan usahanya, biasanya akan menawarkan diri untuk bergabung ke dalam pasar modal agar bisa memperoleh sumber dana yang bisa dikembangkan untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Mengembangkan Ekonomi Suatu Negara

Investasi yang baik, akan menimbulkan perekonomian yang baik pula. Pasar modal dapat memperbaiki ekonomi masyarakat yang pada akhirnya akan diperhitungkan sehingga bisa membuat perekonomian negara pun menjadi baik.

Sarana Investasi Masyarakat

Pasar modal dapat menjadi sarana investasi masyarakat untuk mendapatkan keuntungan. Apabila perusahaan yang dipilih masyarakat memiliki kinerja yang baik sehingga dapat memperoleh keuntungan yang besar, maka masyarakat akan mendapat keuntungan yang besar pula sebagaimana porsinya.

Kebaikan Pasar Modal

Untuk Pemodal / Investor

  • Pasar modal menyediakan tempat untuk berinvestasi yang beragam
  • Melalui pasar modal, investor dapat memperoleh dividen atau keuntungan

Untuk Emiten Pasar Modal

  • Pasar modal menyediakan sumber pendanaan dengan jangka yang panjang
  • Di dalam pasar modal, emiten dapat lebih fleksibel dalam hal mengelola dana dan tidak membebani perusahaan. Anda bisa mencari tahu mengenai emiten di dalam sebuah situs yaitu emiten.

Untuk Pemerintah

  • Pasar modal merupakan sebuah indikator untuk menunjukkan tren-tren serta kemajuan ekonomi di dalam suatu negara
  • Pasar modal dapat ikut serta mendorong kemajuan perekonomian karena dapat memperlancar pertumbuhannya

Kelemahan Pasar Modal

Belum Menyentuh Seluruh Lapisan Masyarakat

Pasar modal baru dikenal oleh masyarakat menengah ke atas. Bagi masyarakat menengah ke bawah, masih belum cukup mengenal pasar modal sehingga banyak dari mereka yang belum bisa berinvestasi untuk memperoleh keuntungan. Hal ini dapat menyebabkan adanya kualitas hidup yang belum seluruhnya baik di balik perekonomian negara yang sudah terlihat baik karena masyarakat menengah ke atas yang memajukan perekonomian.

Ketidakstabilan Kurs pada Saham

Pergerakan kurs sangat mempengaruhi harga saham. Nilai kurs yang tidak selalu stabil menyebabkan para investor takut mengalami kerugian kerena nilai suatu mata uang dengan nilai mata uang negara lain berbeda, yang menyebabkan kurs dapat berubah sewaktu-waktu.

Investasi tidak Selalu Menyenangkan

Segala bentuk investasi pasti memiliki risiko, begitu pula dengan berinvestasi di pasar modal. Di dalam investasi tidak hanya mendapat keuntungan, tetapi bisa juga mendapatkan kerugian.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modal
Dalam berinvestasi bisa memperoleh kerugian

Maka dari itu, jika akan melakukan investasi harus siap juga untuk menerima segala risiko yang ada di dalamnya.

Kelebihan Trading Pasar Modal Online

Jika dahulu jika ada perorangan yang ingin berdagang di pasar modal harus melalui broker atau pihak ketiga, sekarang dapat memulainya langsung. Hanya bermodalkan komputer dan sambungan Internet, setiap orang dapat mulai berdagang di pasar modal. Apa kelebihannya?

1. Menyimpan Uang

Pasar modal bisa bermanfaat sebagai instrumen tabungan. Jika Anda menabung, maka nilai uang
Anda sejatinya berkurang karena tiap tahun uang mengalami inflasi (bekrurang nilainya). Seribu tahun ini berbeda nilainya dengan seribu tahun lalu. Bunga bank yang Anda peroleh kadang terlalu kecil sehingga tidak bisa menutup inflasi.

Jika Anda menyimpan uang di pasar modal berupa saham, ada kemungkinan nilai saham akan naik lebih besar dari nilai inflasi mata uang. Beberapa saham bahkan mampu naik secara fantastis. Ini instrumen yang cukup ideal untuk tabungan.

2. Memperoleh laba

Naik turunnya harga saham, adalah peluang memperoleh laba. Beli di harga murah, jual di harga yang lebih mahal. Memang butuh keahlian untuk bisa menilai naik turunnya saham. Namun ada kemungkinan Anda memperoleh laba daripada di simpan dalam tabungan di bank.

3. Memperoleh dividen

Setiap tahun perusahaan membagikan dividen bagi para pemegang sahamnya. Jika Anda menyimpan uang dalam bentuk saham di perusahaan tertentu, ada kemungkinan Anda memperoleh deviden tiap tahunnya yang besarannya sangat variatif.

4. Memotong Biaya

Tanpa broker atau pihak ketiga dalam perdagangan, memungkinkan Anda memotong biaya broker. Besaran biaya broker bervariasi, biasanya tergantung dari rekam jejak broker yang bersangkutan.

5. Mengontrol Proses

Anda dapat mengontrol proses perdagangan secara langsung. Perintah jual ataupun beli dapat berjalan secara real-time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge