Mengenal Istilah Bullish dan Bearish

Bullish adalah kondisi ketika pasar saham sedang mengalami kenaikan harga dan menguat dalam jangka waktu tertentu yang disebabkan oleh kondisi pada suatu negara bahkan sampai seluruh dunia yang sedang mengalami pertumbuhan ekonomi seperti usaha dan bisnis yang berkembang, pendapatan yang meningkat, dan beberapa faktor lainnya. Penawaran dan permintaan pada saham menjadi penentu untuk pasar saham bisa dikatakan bullish. Karena semakin tinggi penawaran dan permintaan, maka semakin tinggi pula potensi untuk terjadinya bullish. Bullish dilambangkan dengan banteng karena memiliki tanduk yang menghadap ke atas yang menandakan bahwa pasar sedang naik.

Bearish adalah kondisi ketika pasar saham sedang mengalami penurunan harga dan melemah dalam jangka waktu tertentu yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang lambat dan menurun seperti banyaknya kerugian dalam bisnis, bertambahnya pengangguran, dan beberapa faktor lainnya. Bearish dilambangkan dengan beruang karena bisa mencakar ke bawah yang menandakan bahwa pasar sedang turun.

Hal yang Perlu Diketahui dalam Bullish dan Bearish

Mendapat untung saat bullish dan bearish

Trader yang mengetahui bagaimana cara menganalisis setiap siklus secara tepat akan mendapatkan keuntungan dari pasar yang mengalami bullish maupun bearish.

Psikologi investor

Di dalam pasar, psikologi investor dan sentimen dapat berpengaruh dalam naik turunnya sebuah pasar. Dalam sebuah pasar yang sedang mengalami kenaikan, investor akan ikut berpartisipasi dengan mengharapkan keuntungan. Ketika pasar sedang turun, investor akan memindahkan investasi mereka dan beralih ke pasar yang memiliki risiko kecil.

Berubahnya aktivitas ekonomi

Pasar saham dan ekonomi memiliki hubungan pengaruh yang kuat karena pasar saham berpengaruh bagi perekonomian suatu negara. Pasar yang menurun menyebabkan ekonomi melemah dan banyak perdagangan yang tidak bisa mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, pasar yang mengalami kenaikan menyebabkan ekonomi bertumbuh dengan baik dan banyak perdagangan yang mendapatkan keuntungan.

Cara Menghadapi Pasar Ketika Mengalami Bearish

Ubah suasana kerja

Ketika pasar sedang mengalami penurunan, hal itu akan membuat semangat para investor menurun pula yang dapat menyebabkan segala kegiatan menjadi tidak stabil. Jadi, ketika sedang mengalami penurunan, para investor sebaiknya merubah suasana kerja agar menimbulkan suasana hati yang baru.

Mengenal Istilah Bullish dan Bearish
Suasana kerja yang baik akan membuat perasaan membaik pula

Mempelajari laporan keuangan emiten

Menurunnya pasar pasti membuat stres beberapa pihak. Ketika hal itu terjadi, sebaiknya investor melihat laporan keuangan terbaru dari emiten untuk melihat peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan nantinya. Jadi, selama pasar mengalami bearish, investor dapat menyusun rencana untuk tindak lanjut berikutnya agar memperoleh keuntungan kembali.

Coba saham di industri defensif

Ketika pasar sedang mengalami penurunan, industri defensif memiliki performa yang lebih baik dibanding yang lain karena barang dan jasa dari industri defensif masih dibutuhkan masyarakat dalam kondisi apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge