Pengenalan Saham untuk Pemula

Saham adalah penyertaan modal seseorang atau suatu pihak di dalam sebuah perusahaan. Dengan menyertakan modal, maka pihak tersebut memiliki hak atas pendapatan perusahaan. Saham untuk pemula maupun yang sudah ahli, banyak digunakan sebagai alat investasi. Hal ini disebabkan karena saham memberikan imbal hasil yang lebih tinggi daripada tabungan. Bahkan ada yang menggunakan saham sebagai alat untuk memperoleh imbal hasil bulanan. Artinya jika dikelola secara benar, saham bisa jadi sumber penghasilan Anda.

Untuk dapat menggunakan saham sebagai alat investasi, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Pahami Investasi

Investasi berarti memanfaatkan aset Anda, terutama uang agar bekerja bagi Anda dan memperoleh pendapatan atau meningkat nilainya, tanpa Anda harus bekerja. Indah bukan? Anda hanya cukup rebahan saja tanpa bekerja, dan biarkan uang bekerja untuk Anda.

Namun yang perlu diingat adalah jangka waktu imbal hasilnya. Berinvestasi tidak semata-mata hanya karena ingin mendapat keuntungan dengan cepat. Di balik itu, Anda harus memahami investasi saham terlebih dahulu karena hal itu penting bagi pemula. Jika tidak hati-hati, Anda malah berisiko mendapatkan kerugian dan uang Anda ludes semua.

Melihat Reksadana

Jika Anda bingung dengan banyaknya saham yang diperdagangkan, Anda bisa menyerahkan pilihan tersebut kepada manajer investasi. Atau dengen mengelola sendiri namun melihat jenis saham yang dipegang oleh manajer investasi. Pilihan saham untuk pemula bisa menggunakan saham-saham yang diinvestasikan oleh reksadana saham. Anda bisa memilih dari portofolio yang akan disampaikan manajer investasi secara wajib.

Diversifikasi Investasi

Jangan meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang. Begitu adagium dalam investasi. Artinya jangan meletakkan investasi Anda dalam satu jenis. Misalnya semua deposito, atau semua dalam bentuk tanah, atau semua dalam bentuk saham. Buatlah investasi Anda dalam berbagai macam bentuk.

Dalam berinvestasi pastilah memiliki risiko yang tidak kecil. Maka dari itu, Anda harus mengelola investasi dengan cara melakukan diversifikasi. Karena jika saham Anda mengalami krisis, Anda masih memiliki simpanan di instumen yang lain sebagai dana tidak terduga.

Investasi Jangka Panjang

Investasi saham merupakan investasi dengan jangka yang panjang. Anda membeli saham di dalam sebuah perusahaan. Bisnis di dalam perusahaan tersebut membutuhkan waktu dan proses untuk berkembang sampai akhirnya mendapatkan hasil. Maka, investasi saham Anda juga memerlukan waktu agar dapat bertumbuh kembang.

Trading Saham Online

Anda dapat melakukan trading saham sendiri secara online. Sudah banyak perusahaan broker yang memfasilitasi Anda untuk dapat mendaftar dan berdagang langsung secara online. Misalnya Stockbit atau Mirae Asset.

Trading saham adalah jual beli saham dalam jangka waktu yang singkat. Jika Anda ingin melakukan trading saham, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Trading saham akan menguras waktu dan tenaga karena Anda harus terus memantau setiap saat
  2. Di dalam trading saham pasti ada harapan perihal keuntungan dari pergerakan harga saham dalam hitungan hari
  3. Tujuan trading saham yaitu melihat kapan harga paling murah dan harga paling mahal untuk dijual atau biasa disebut dengan market timing. Hal itu sangat sulit karena banyak faktor yang saling berhubungan yang akan mempengaruhi harga saham sehingga tidak dapat dilihat kepastiannya

Harga Saham Turun

Dalam investasi saham, tidak menutup kemungkinan untuk saham Anda mengalami penurunan. Tetapi, jatuhnya harga saham bisa menjadi kesempatan untuk Anda membeli saham lain dengan harga yang lebih murah. Tetapi Anda harus tetap memperhatikan perusahaan yang akan Anda tuju. Jika Anda melakukan langkah yang tepat ketika harga saham Anda turun, tidak menutup kemungkinan harga saham akan kembali naik bahkan lebih besar dari sebelumnya.

Mengikuti RUPS

RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) adalah hal yang penting untuk diikuti. Karena Anda akan bertemu dengan pengelola-pengelola perusahaan yang sahamnya Anda miliki. Di dalam RUPS, Anda dapat mengetahui baik atau tidaknya kinerja perusahaan yang mana hal itu akan berpengaruh dengan harga saham.

Bermain Saham untuk Pemula

Saham adalah investasi yang dapat memberikan kebebasan finansial jika Anda melakukan dengan baik dan benar. Anda bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan lain dan membiarkan invetasi Anda dikelola dengan baik oleh manajer investasi. Yang harus Anda lakukan adalah memberi kepercayaan penuh terhadap manajer investasi yang sudah Anda pilih, melihat kinerja perusahaan beserta laporan-laporan yang ada sehingga semuanya tidak perlu dikhawatirkan sampai menimbulkan stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.