Bruce Kovner, dari Sopir Taksi hingga Miliarder

Bruce Kovner adalah seorang investor asal amerika, salah satu hedge fund terkaya. Bruce Stanley Kovner lahir di New York city, Brooklyn pada tahun 1945, putra dari seorang insinyur yang hobi bermain bola. Sebelum keluarganya pindah ke pinggiran kota Los Angeles pada tahun 1953, Bruce Kovner menghabiskan awal tahun tahunnya di bagian Borough Park, Brooklyn bersama kedua orang tua dan tiga saudara kandungnya.

Bruce Kovner sangat mencintai musik, ia dikenal sering menghibur teman temannya dengan beberapa penampilan pribadi di rumahnya yang berada di New York City

Bruce Kovner pergi ke Harvard College pada tahun 1962, dan ia mendapati ibunya sudah gantung diri di Van Nuys. Meskipun demikian ia tetap dianggap murid yang baik dan di sukai oleh teman temannya. Untuk menghindari wajib militer di Vietnam Bruce Kovner tinggal di Harvard, Bruce mempelajari ilmu politik di John F Kennedy School Of Goverment, Ia tidak menyelesaikan gelar Ph.D., namun melanjutkan studinya di Harvard sampai tahun 1970. Kovner pernah menjadi supir taksi, ia juga mempelajari piano di Julliard.

Dia menjabat sebagai chairman di CAM Capital yang ia dirikan pada Januari tahun 2012 untuk mengelola investasi dan trading. Kovner adalah pendiri dan ketua Caxton Associates, Caxton adalah global hedge fund yang bermarkas di london. Caxton di dirikan pada tahun 1983, sebelum memulai sendiri dengan pendirian Caxton, Kovner di latih di bawah arahan Michael Marcus.

Bruce Kovner trading dengan modal awal 3000$ dari kartu kredit Master Card pada tahun 1977. Pada saat awal trading Bruce Kovner meraup keuntungan $1,000. dengan total dana $4,000 yang dipunyai Kovner, ia gunakan untuk trading komoditas kedelai dengan jangka waktu 6 minggu dan berhasil menjadi $45,000.

Di trading berikutnya Kovner mengalami kerugian sebesar $23,000. Lalu Kovner melakukan intropeksi dan membuat ia memahami risiko dan menciptakan struktur untuk pengendalian risiko dalam berinvestasi. Dan karena kerugian itulah Kovner mengenal manajemen resiko.

Taktik trading Kovner yaitu gabungan analisis mendasar serta teknikal. Dari sisi mendasar ia begitu memperhatikan aspek dampak intermarket , dimana ia cukup ahli dalam menganalisa ekonomi serta politik dunia. Dalam analisis teknikal, Ia adalah seorang tren follower (ikuti arah tren) serta relatif entry waktu berlangsung breakout (saat harga menembus level level kunci)

“Anda harus percaya Anda juga akan menerima keuntungan. Memanglah tak ada tempat yang menanggung 100% benar, tetapi Anda mesti percaya. Bila Anda mengikuti tempat trader yang kurang Anda yakini, Anda juga akan kesusahan menerima keuntungan. ” Kata Kovner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge