Mengenal Opsi dalam Pasar Modal

Opsi (option) adalah suatu hak berdasarkan kesepakatan untuk membeli atau menjual sejumlah mata uang, komoditas, atau sekuritas pada tanggal dan harga yang sudah ditentukan. Opsi memberikan hak kepada pemegangnya, bukan kewajiban. Jadi, kesepakatan yang sudah ada boleh dilakukan boleh juga tidak. Keputusan tersebut biasanya didasari oleh kemungkinan besar keuntungan yang akan diperoleh. Apabila opsi tersebut dilakukan, maka harga item yang dibeli atau dijual sudah ditentukan sebelumnya. Jadi, harga yang digunakan adalah harga kesepakatan, bukan harga pasar item tersebut.

Harga untuk sebuah opsi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jumlah permintaan dan pasokan, harga saham acuan, harga opsi yang berbanding lurus dengan strike price, dan masa berlaku yang apabila semakin lama maka harganya akan semakin tinggi.

Jenis-Jenis Opsi

Opsi dalam Pasar Modal
Dalam opsi pasal modal terdapat opsi menjul dan opsi membeli

Call Option

Call option atau opsi beli adalah opsi yang memberikan hak membeli kepada pemegangnya dengan harga tertentu (strike price) dan tanggal atau jangka waktu yang juga tertentu. Dalam opsi beli terdapat dua jenis, yaitu call option buyer atau membeli opsi beli dan call option seller atau menjual opsi beli.

Put Option

Put option atau opsi jual adalah opsi yang memberikan hak menjual kepada pemegangnya dengan harga tertentu (strike price) dan tanggal kedaluwarsa yang juga tertentu. Dalam opsi jual terdapat dua jenis, yaitu put option buyer atau membeli opsi jual dan put option seller atau menjual opsi jual.

Tipe Opsi

Opsi Tipe Eropa (Europan Type Option) yaitu kontrak opsi yang dapat dilakukan di hari terakhir saat jatuh tempo yang berlaku. Tanggal tersebut biasa disebut exercise date.

Opsi Tipe Amerika (American Type Option) yaitu kontrak opsi yang dapat dilakukan kapan saja selama jangka waktu masih berlaku sampai dengan exercise date.

Keuntungan dan Kerugian Opsi

Keuntungan

  • Opsi adalah sarana untuk lindung nilai dari risiko fluktuasi harga. Saat kondisi di pasar sedang buruk, perusahaan-perusahaan besar biasanya akan memanfaatkan kesepakatan opsi untuk meminimalisir risiko.
  • Opsi memiliki peluang keuntungan yang besar. Keuntungan dapat diperoleh dengan membeli put option jika harga yang diperkirakan akan turun di waktu mendatang. Atau bisa juga dengan membeli call option saat mengharapkan kenaikan harga.

Kerugian

  • Opsi memiliki struktur yang rumit dan kompleks karena banyaknya fitur pada opsi. Karena itu, biasanya perusahaan memiliki personil khusus untuk hal ini
  • Opsi memiliki potensi kerugian yang tidak rendah juga. Kerugian dapat terjadi karena nilai waktu opsi yang menurun akibat terbatasnya jangka waktu yang membuat harga tidak sesuai dengan perkiraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.