Price Rate Of Change Indicator (ROC)

Price Rate of Change (ROC) adalah indikator teknis berbasis momentum yang mengukur persentase perubahan harga antara harga saat ini dan harga beberapa periode yang lalu. Indikator ROC diplotkan terhadap nol, dengan indikator bergerak naik ke wilayah positif jika perubahan harga mengarah ke atas, dan bergerak ke wilayah negatif jika perubahan harga mengarah ke sisi bawah.

Indikator ini dapat digunakan untuk melihat divergensi, kondisi overbought dan oversold, dan perpotongan garis tengah.

Rate of change

Langkah utama dalam menghitung ROC adalah memilih nilai “n”. Trader jangka pendek dapat memilih nilai “n” kecil, seperti sembilan. Trader jangka panjang dapat memilih nilai seperti 200. Nilai n adalah berapa periode yang lalu harga saat ini dibandingkan. Nilai yang lebih kecil akan membuat ROC bereaksi lebih cepat terhadap perubahan harga, tetapi itu juga bisa berarti lebih banyak sinyal yang salah. Hasil nilai yang lebih besar berarti ROC akan bereaksi lebih lambat, tetapi sinyalnya bisa lebih berarti ketika terjadi.

  1. Pilih nilai n. Bisa apa saja seperti 12, 25, atau 200. Trader jangka pendek biasanya menggunakan jumlah yang lebih kecil sementara trader jangka panjang menggunakan jumlah yang lebih besar.
  2. Temukan harga penutupan periode terbaru.
  3. Temukan harga penutupan periode dari n periode yang lalu.
  4. Masukkan harga dari langkah dua dan tiga ke dalam rumus ROC.
  5. Saat setiap periode berakhir, hitung nilai ROC baru.

Indikator Momentum

Price Rate of Change (ROC) tergolong sebagai indikator momentum atau kecepatan karena mengukur kekuatan momentum harga dengan tingkat perubahan. Misalnya, jika harga saham pada penutupan perdagangan hari ini adalah $ 10, dan harga penutupan lima hari perdagangan sebelumnya adalah $ 7, maka ROC lima hari adalah 42,85. Seperti kebanyakan osilator momentum, ROC muncul di a grafik di jendela terpisah di bawah grafik harga. ROC muncul dengan garis nol yang membedakan nilai positif dan negatif. Nilai positif menunjukkan tekanan beli atau momentum ke atas, sedangkan nilai negatif di bawah nol menunjukkan tekanan jual atau momentum penurunan. Meningkatnya nilai di salah satu arah, positif atau negatif, menunjukkan momentum yang meningkat, dan bergerak kembali ke nol menunjukkan berkurangnya momentum.

Zero line crossover berguna untuk memberi sinyal perubahan tren. Bergantung pada nilai n, sinyal ini mungkin datang lebih awal dalam perubahan tren (nilai n kecil) atau sangat terlambat dalam perubahan tren (nilai n lebih besar). ROC rentan terhadap tipuan, terutama di sekitar garis nol. Oleh karena itu, sinyal ini umumnya tidak untuk tujuan perdagangan, melainkan untuk sekadar mengingatkan pedagang bahwa perubahan tren mungkin sedang berlangsung.

Indikator

Indikator ini juga memanfaatkan level overbought dan oversold. Level-level ini tidak tetap, tetapi akan bervariasi berdasarkan aset. Pedagang melihat untuk melihat nilai ROC apa yang menghasilkan pembalikan harga di masa lalu.

Seringkali pedagang akan menemukan nilai positif dan negatif di mana harga berbalik dengan beberapa keteraturan. Ketika ROC mencapai pembacaan ekstrem ini lagi, pedagang akan waspada tinggi dan melihat harga mulai berbalik untuk mengonfirmasi sinyal ROC. Dengan adanya sinyal ROC, dan harga berbalik untuk mengkonfirmasi sinyal ROC, trader dapat mulai berdagang.

ROC juga berguna sebagai indikator divergensi yang menandakan kemungkinan perubahan tren yang akan datang. Divergensi terjadi ketika harga saham atau aset lain bergerak ke satu arah sementara ROC-nya bergerak ke arah yang berlawanan. Misalnya, jika harga saham naik selama periode waktu sementara ROC bergerak semakin rendah, maka ROC menunjukkan divergensi bearish dari harga, yang menandakan kemungkinan perubahan tren ke sisi bawah. Konsep yang sama berlaku jika harga bergerak turun dan ROC bergerak lebih tinggi. Ini bisa menandakan harga bergerak ke atas. Divergensi adalah sinyal pengaturan waktu yang terkenal buruk karena divergensi dapat bertahan lama dan tidak selalu menghasilkan pembalikan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.