Market Arbitrase

Market arbitrase adalah pembelian dan penjualan secara simultan dari sekuritas yang sama di pasar yang berbeda untuk memanfaatkan perbedaan harga antara dua pasar yang terpisah.

Arbitrase, menurut definisi, adalah eksploitasi perbedaan harga pada aset yang sama di tempat yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan tanpa risiko. Hal ini dimungkinkan semata-mata karena fakta bahwa, bertentangan dengan kepercayaan populer, pasar tidak efisien secara sempurna. Dalam perdagangan arbitrase pasar, seorang arbitrase akan menjual sekuritas yang dihargai lebih tinggi di satu pasar sementara, pada saat yang sama, membeli sekuritas yang sama di pasar yang harganya lebih rendah. Keuntungan adalah selisih antara harga aset di dua pasar.

Market Arbitrase

Market arbitrase hanya dapat dijadikan praktik yang layak jika, aset yang diperdagangkan secara global, diberi harga yang berbeda di market yang berbeda. Secara teori, harga untuk aset yang sama harus seragam di semua bursa market, tetapi kenyataannya tidak selalu demikian. Kurangnya keseragaman ini menimbulkan peluang market arbitrase.

Market arbitrase, dianggap aktivitas tanpa risiko karena pedagang membeli,menjual aset yang sama dalam jumlah yang sama pada waktu yang sama.

Sekali lagi, kenyataannya adalah, keuntungan tanpa risiko biasanya valid, arbitrase mengasumsikan risiko volatilitas harga di pasar yang saling mengimbangi. Harga sekuritas di pasar yang saling mengimbangi dapat naik secara tidak terduga dan mengakibatkan kerugian bagi seorang arbitrase.

Peluang

Peluang market arbitrase berumur pendek karena harga keamanan menyesuaikan sesuai dengan kekuatan penawaran dan permintaan. Pada dasarnya, praktik arbitrase, dengan sendirinya, harus menghilangkan peluang arbitrase dalam waktu singkat.

Untung dari peluang arbitrase pasar membutuhkan modal yang signifikan, itulah sebabnya investor institusional dan hedge funds lah yang mampu mengambil untung dari peluang market arbitrase. Spread antara sekuritas dengan harga tidak sama biasanya hanya beberapa sen.

Peluang market arbitrase biasanya muncul karena informasi asimetris antara pembeli dan penjual. Meskipun teori market efisien memang berhasil, pasar tidak selalu menunjukkan efisiensi 100 persen. Salah satu kejadian inefisiensi pasar tersebut adalah ketika harga permintaan salah satu penjual lebih rendah daripada harga penawaran pembeli lain, yang juga dikenal sebagai ‘selisih negatif’. Ini mungkin terjadi ketika satu bank mengutip harga tertentu untuk suatu mata uang sementara bank lain merujuk harga yang berbeda. Ketika situasi seperti ini muncul, itu menciptakan peluang untuk arbitrase pasar; namun, dibutuhkan mata yang terlatih untuk melihat peluang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.