Brendan Eich

Brendan Eich adalah seorang programmer komputer dan eksekutif teknologi Amerika. Dia menciptakan bahasa pemrograman JavaScript dan ikut mendirikan proyek Mozilla, Mozilla Foundation, dan Mozilla Corporation. Dia menjabat sebagai chief technical officer Mozilla Corporation sebelum diangkat sebagai chief executive officer, tetapi mengundurkan diri tak lama setelah pengangkatannya karena kontroversi atas penentangannya terhadap pernikahan sesama jenis. Dia kemudian menjadi CEO Brave Software.

Masa Muda Brendan Eich

Eich dibesarkan di Pittsburgh; Gaithersburg, Maryland; dan Palo Alto, dan ia bersekolah di Ellwood P. Cubberley High School, lulus pada angkatan 1979. Ia menerima gelar sarjana dalam bidang matematika dan ilmu komputer di Santa Clara University, dan ia menerima gelar master pada tahun 1985 dari University of Illinois di Urbana–Champaign. Eich adalah Katolik Roma.

Dia memulai karirnya di Silicon Graphics, bekerja selama tujuh tahun pada sistem operasi dan kode jaringan. Dia kemudian bekerja selama tiga tahun di MicroUnity Systems Engineering menulis mikrokernel dan kode DSP.

Karir Brendan Eich

Nestcape

Eich mulai bekerja di Netscape Communications Corporation pada April 1995. Eich awalnya bergabung dengan niat untuk menempatkan Skema “di browser”, tetapi atasan Netscape-nya bersikeras bahwa sintaks bahasanya mirip dengan Java. Akibatnya, Eich merancang bahasa yang memiliki banyak fungsi Skema, orientasi objek Self, dan sintaks Java. Dia menyelesaikan versi pertama dalam sepuluh hari untuk mengakomodasi jadwal rilis Navigator 2.0 Beta, dan disebut Mocha, tetapi berganti nama menjadi LiveScript pada September 1995 dan akhirnya dalam pengumuman bersama dengan Sun Microsystems, itu dinamai JavaScript pada bulan Desember. Secara bersamaan, ia merancang mesin SpiderMonkey pertama untuk browser Netscape Navigator di Netscape Communications. Ketika Mozilla mewarisi kode dasar Netscape pada tahun 1998, itu termasuk mesin ini, yang ditulis dalam bahasa pemrograman C. Itu kemudian diubah dalam JavaScript 1.5 untuk memenuhi standar ECMA-262. [rujukan?] Eich terus mengawasi pengembangan SpiderMonkey, implementasi spesifik JavaScript di Navigator.

Brendan Eich
Mozilla

Pada awal tahun 1998, Eich ikut mendirikan proyek perangkat lunak sumber terbuka dan gratis Mozilla dengan Jamie Zawinski dan lainnya, membuat situs web mozilla.org, yang dimaksudkan untuk mengelola kontribusi sumber terbuka ke kode sumber Netscape. Dia menjabat sebagai kepala arsitek Mozilla. AOL membeli Netscape pada tahun 1999. Setelah AOL menutup unit browser Netscape pada Juli 2003, Eich membantu mendirikan Mozilla Foundation.

Pada bulan Agustus 2005, setelah menjabat sebagai teknolog utama dan sebagai anggota dewan direksi Mozilla Foundation, Eich menjadi chief technical officer (CTO) dari Mozilla Corporation yang baru didirikan, yang dimaksudkan untuk menjadi cabang nirlaba Yayasan Mozilla. Eich terus “memiliki” modul Mozilla SpiderMonkey, mesin JavaScript-nya, sampai ia menyerahkan kepemilikannya kepada Dave Mandolin pada tahun 2011.

Pengangkatan menjadi CEO dan pengunduran diri

Pada 24 Maret 2014, Mozilla membuat keputusan untuk menunjuk Eich sebagai CEO Mozilla Corporation. Penunjukan tersebut memicu kritik luas karena sumbangan politik Eich di masa lalu – khususnya, sumbangan tahun 2008 sebesar $1.000 untuk California Proposition 8, yang menyerukan pelarangan pernikahan sesama jenis di California, dan sumbangan sebesar $2.100 kepada pendukung Proposition 8 Tom McClintock antara 2008 dan 2010. The Wall Street Journal awalnya melaporkan bahwa, sebagai protes terhadap pengangkatannya yang akan datang, setengah dari dewan Mozilla (Gary Kovacs, John Lilly, dan Ellen Siminoff) mengundurkan diri, meninggalkan Mitchell Baker, Reid Hoffman, dan Katharina Borchert. CNET kemudian melaporkan bahwa dari tiga anggota dewan yang pergi, hanya Lilly yang pergi karena penunjukan Eich. Lilly mengatakan kepada The New York Times, “Saya pergi daripada menunjuknya”, dan menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Pada tanggal 26 Maret 2014, Eich mengungkapkan “kesedihan karena menyebabkan rasa sakit” dan berjanji untuk “bekerja dengan komunitas dan sekutu LGBT” di Mozilla. Beberapa aktivis membuat kampanye online melawan Eich, dengan situs kencan online OkCupid secara otomatis menampilkan pesan kepada pengguna Firefox dengan informasi tentang sumbangan Eich, dan menyarankan agar pengguna beralih ke browser yang berbeda (meskipun memberi mereka tautan untuk melanjutkan dengan Firefox). CREDO Mobile mengumpulkan lebih dari 50.000 tanda tangan yang menuntut agar Eich mengundurkan diri.

Setelah 11 hari sebagai CEO, Eich mengundurkan diri pada 3 April 2014, dan meninggalkan Mozilla karena penentangannya terhadap pernikahan sesama jenis. Dalam blog pribadinya, ia memposting, “dalam keadaan sekarang, saya tidak bisa menjadi pemimpin yang efektif”. Mozilla membuat siaran pers yang mengatakan bahwa anggota dewan mencoba membuat Eich tetap berada di perusahaan dalam peran yang berbeda, tetapi dia telah memilih untuk memutuskan hubungan untuk saat ini.

Brave Software

Eich adalah CEO Brave Software, sebuah perusahaan platform browser Internet yang mengumpulkan $2,5 juta dalam pendanaan awal dari investor malaikat. Pada Januari 2016, perusahaan merilis versi pengembang dari peramban web Brave open-source, berbasis Chromium, dan berfokus pada privasi, yang memblokir iklan dan pelacak, dan menampilkan tab bawaan yang terhubung dengan Tor.

Di Brave Software, Eich bersama-sama menciptakan Basic Attention Token (BAT), sebuah cryptocurrency yang dirancang untuk digunakan di browser Brave. BAT meluncurkan ICO-nya pada 31 Mei 2017, dan mengumpulkan $35 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.