Monero Mining

Monero mining adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan cryptocurrency — menggunakan perangkat yang sudah Anda miliki. Penting untuk memperhatikan beberapa aspek mining, tetapi kami telah meneliti semua yang ada di sana, dan berikut ini adalah panduan langkah demi langkah yang terperinci tentang cara mining monero.

Apa itu Monero (XMR)

Diluncurkan pada tahun 2014, monero (XMR) adalah cryptocurrency open-source yang menerima pengakuan karena anonimitasnya yang tinggi. Monero mirip dengan bitcoin, tetapi fitur yang membedakannya adalah fitur privasinya.

Monero membedakan dirinya dengan menjadikan transaksinya pribadi dan tidak dapat dilacak. Blockchainnya mengaburkan detail transaksi, termasuk identitas pedagang dan jumlah transaksi. Ini menjadikannya cryptocurrency yang benar-benar anonim.

Meskipun beberapa telah memperdebatkan fitur privasi XMR, ia masih berdiri sebagai cryptocurrency teratas mengingat kapitalisasi pasarnya, berdiri di sekitar $ 5 miliar. Monero memiliki total pasokan 18 juta XMR.

Bagaimana cara kerja Monero?

Monero menggunakan mekanisme konsensus proof-of-work (PoW), yang membutuhkan daya komputasi untuk menghasilkan blok di jaringan, seperti halnya Bitcoin. Namun, XMR dapat ditambang oleh miner mana pun, menggunakan CPU atau GPU perangkat mereka.

Pengembang Monero berdiri untuk konsep egaliter dan percaya bahwa semua orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Mereka juga memilih model ini untuk meningkatkan desentralisasi Monero, dan itulah sebabnya penambangan monero tidak mendukung sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC).

Pada November 2019, algoritma hashing RandomX menggantikan CryptNight, yang mencegah penggunaan ASIC. PoW RandomX yang sama, juga menghukum miner yang menggunakan GPU untuk menambang monero.

Pengembang Monero ingin menyimpan peralatan perangkat keras khusus yang tidak cocok untuk penambangan monero. ASIC, misalnya, digunakan untuk menambang bitcoin. Karena harganya yang tinggi, hanya beberapa miner yang mampu membeli peralatan, sehingga membuat miner dan jaringan lebih terpusat. Dan itulah yang coba dihindari oleh monero.

Monero (XMR) adalah mata uang digital yang dapat dipertukarkan, yang berarti bahwa jika Anda menukar satu XMR dengan yang lain, Anda menerima nilai yang tepat dan tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Meskipun, pada dasarnya, bitcoin juga sepadan, ini memungkinkan siapa saja untuk melacak kembali koin apa pun yang mungkin terlibat dalam perjudian, pencurian, atau penipuan, dan beberapa layanan tidak menerima dana ini.

Monero, sebaliknya, tidak mengizinkan siapa pun untuk melacak riwayat transaksi koin. Pengguna tidak dalam bahaya larangan dari layanan untuk memegang dana daftar hitam.

Untuk apa monero digunakan?

Monero (XRM) sangat cocok untuk transaksi anonim dan cepat.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa fitur privasinya memungkinkan transaksi di web gelap, ada kasus penggunaan yang sah untuk Monero.

Monero memungkinkan bisnis untuk merahasiakan informasi akun mereka. Mengingat jumlah kejahatan keuangan yang terjadi setiap hari, individu jahat dapat menggunakan informasi yang diungkapkan oleh transaksi keuangan sederhana untuk keuntungan mereka. Ini adalah kasus penggunaan yang valid untuk bisnis apa pun, karena membantu mereka menjaga kerahasiaan data mereka.

Tetapi privasi sangat dibutuhkan oleh individu juga, bukan hanya bisnis. Dengan mengungkapkan pengeluaran dan data keuangan Anda secara terbuka, perusahaan besar seperti Facebook dan perusahaan data mining lainnya dapat menjualnya kepada penawar tertinggi.

Secara umum, orang dan perusahaan tidak mengiklankan pendapatan dan gaji mereka, untuk tujuan yang tepat untuk menghindari kejahatan yang disengaja. Memiliki buku besar publik dan transparan sangat bagus untuk dunia tanpa kejahatan keuangan, tetapi itu bukan dunia tempat kita tinggal.

Cara kerja Mining XMR

Penambangan Monero bekerja pada sistem operasi apa pun, seperti Windows, macOS, Linux, atau Android.

Ada dua pilihan:

  • Join mining pools
  • Mine Individual

Kabar baik tentang menambang XMR adalah komputer standar mana pun dapat menjadi miner. Miner tidak memerlukan ASIC untuk menambang monero. Untuk menjadi miner, Anda perlu menggunakan perangkat lunak khusus untuk menambang monero.

Miner memvalidasi transaksi di blockchain Monero, membantu menghasilkan blok berikutnya di jaringan. Mereka dihargai dengan XMR. Penting untuk dicatat bahwa monero tidak memiliki hard cap, seperti bitcoin, yang memiliki persediaan tetap sebesar 21 juta.

Ketika para miner menemukan semua token (~18,132 juta koin), “emisi ekor” akan mulai menghasilkan 0,6 hadiah XMR per blok tanpa batas, mulai Mei 2022, untuk membuat para miner tetap termotivasi. Ini berarti inflasi <1% menurun dari waktu ke waktu.

Blok baru ditambang setiap dua menit, dan hadiah per Oktober 2021 adalah 0,8238 XMR. Silakan periksa hadiah terbaru untuk menambang monero di sini.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum mining monero

Penggemar Crypto menjadi miner monero untuk mendukung blockchain dan mendapatkan penghasilan. Inilah yang harus Anda pertimbangkan sebelum menambang monero.

Profitabilitas

Sebelum Anda mulai mempelajari cara menambang monero menggunakan CPU atau membeli peralatan lain, penting untuk mempertimbangkan profitabilitas menambang monero.

Faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah menambang monero menguntungkan adalah:

  • Hash Rate perangkat keras penambangan
  • Biaya listrik
  • Biaya mining pools

Kalkulator mining Monero

Untuk menentukan lebih lanjut apakah menambang monero adalah bisnis yang menguntungkan bagi Anda, Anda dapat menggunakan kalkulator penambangan monero. Gunakan alat ini untuk memperkenalkan tingkat hash komputer Anda, konsumsi daya, dan biaya energi untuk melihat apa keuntungannya jika Anda ingin mulai menambang monero.

Kalkulator diperbarui secara berkala dengan data penambangan blok terbaru.

Hash Rate

Fakta penting untuk diketahui adalah bahwa menambang cryptocurrency adalah masalah waktu, dan miner yang memecahkan teka-teki komputasi terlebih dahulu mendapat hadiahnya. Oleh karena itu, Anda akan lebih menguntungkan jika memiliki perangkat dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi. Itu sebabnya sebagian besar individu yang menambang crypto berinvestasi di perangkat penambangan tertentu.

Tingkat hash digunakan untuk mengukur kecepatan perangkat Anda untuk menambang kripto. Tingkat hash adalah jumlah perhitungan yang dapat diproses perangkat per detik.

Berikut adalah tiga CPU populer untuk menambang monero:

AMD Threadripper 3990X
AMD Ryzen 9 3900X
Intel Core i9-10900K

Bagaimana cara mining monero dan mendapat untung?

Anda dapat langsung mulai menggunakan CPU atau GPU perangkat Anda. Dalam hal profitabilitas, Anda akan membutuhkan peralatan yang memiliki tingkat hash tinggi. Anda dapat menemukan daftar perangkat yang direkomendasikan di sini.

Penambangan CPU

Cara paling umum untuk memulai penambangan monero adalah dengan menggunakan CPU perangkat Anda. Anda juga dapat membeli CPU khusus hanya untuk menambang.

Anda dapat menambang solo atau menjadi bagian dari kumpulan penambangan.

Monero Mining

Langkah 1: Dapatkan dompet monero

Anda perlu mengunduh, menginstal, dan menyiapkan dompet kripto, menggunakan salah satu dompet monero yang didukung. Anda dapat menggunakan dompet apa pun yang mendukung monero untuk bagian ini.

Jika Anda ingin mempertaruhkan XMR Anda lebih lanjut, Anda dapat menggunakan dompet di bursa kripto yang mendukung monero, seperti Hotbit dan lainnya. Menyiapkan dompet di bursa kripto cukup mudah, tetapi perlu diketahui bahwa sebagian besar bursa mengharuskan Anda menyelesaikan KYC sebagai bagian dari pendaftaran.

Kami akan menggunakan dompet MyMonero.

Instal aplikasi di desktop Anda. Buat dompet. Pastikan untuk menuliskan frase mnemonic Anda untuk dapat memulihkan dompet Anda jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda.

Langkah selanjutnya adalah menulis frase mnemonic Anda.

Anda juga akan diminta untuk membuat PIN atau kata sandi, untuk mengakses dompet di perangkat.

Dan itu saja. Anda telah membuat dompet Anda, dan Anda memiliki alamat dompet tersebut.

Langkah 2: Perangkat lunak penambangan

Salah satu perangkat lunak penambangan monero yang paling populer adalah XMRig. Unduh perangkat lunak dari situs webnya. Ekstrak file zip.

Di Windows, Anda akan menerima peringatan yang mengatakan bahwa perangkat lunak penambangan mungkin memicu perangkat lunak antivirus. Anda perlu menambahkan pengecualian untuk perangkat lunak untuk mencegah sistem menghapus file.

Langkah 3: Pengecualian Keamanan Jendela

Untuk menambahkan pengecualian, di Windows — untuk perangkat lunak penambangan monero — buka Keamanan Windows > Perlindungan Virus & Ancaman > Pengaturan Perlindungan Virus & Ancaman > Kelola Pengaturan > Pengecualian.

Klik “Tambah atau Hapus pengecualian.” Dan kemudian “Tambahkan pengecualian.” Tambahkan pengecualian untuk seluruh folder. Pilih “Folder” dan cari lokasi tempat Anda membuka ritsleting perangkat lunak penambangan monero. Anda akan diminta untuk menerima peringatan keamanan dari Windows.

Sekarang Anda dapat melihat pengecualian tambahan untuk Keamanan Windows.

Anda juga perlu membuka blokir perangkat lunak penambangan untuk dapat menjalankannya nanti. Untuk melakukan itu, klik kanan pada perangkat lunak penambangan.

Di bawah Keamanan, centang kotak Buka Blokir dan klik Terapkan.

Selanjutnya, Anda perlu mengonfigurasi perangkat lunak untuk diikat ke dompet dan kolam penambangan Anda. Ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan file “config.json.”

Langkah 4: Memilih kumpulan penambangan monero

Sebelum membuat file konfigurasi, Anda harus memilih kumpulan penambangan atau menambang sendiri. Kecil kemungkinannya sebagai penambang solo, Anda akan memiliki CPU yang cukup untuk mendapatkan hadiah yang menguntungkan, dan itulah sebabnya kami akan memilih untuk menjadi bagian dari kumpulan penambangan.

Anda dapat menemukan semua kumpulan penambangan monero di miningpoolstats.stream/monero atau pools.xmr.wiki. Anda akan melihat kumpulan penambangan teratas yang mendukung blockchain. Karena Monero bertujuan untuk membuat penambang terdesentralisasi, yang terbaik adalah menjauhkan diri dari yang teratas.

Langkah 5: Hasilkan file config.json

Anda dapat menghasilkan file yang diperlukan untuk perangkat lunak penambangan monero di XMRig.

Buka Wizard > + Konfigurasi Baru > + Tambah Pool (tambahkan pool penambangan yang dipilih) > Tambahkan alamat dompet Monero.

Masukkan alamat dompet yang Anda buat pada langkah 1. Buka dompet MyMonero, salin alamat publik, dan tempel di sini. Klik “+Tambahkan kumpulan.” Anda akan melihat kolam Anda ditambahkan.

Lanjutkan ke langkah wizard berikutnya, yaitu “Backends.” Pilih opsi CPU.

Langkah selanjutnya adalah “Lain-lain,” di mana Anda memilih persentase yang ingin Anda sumbangkan ke XMRig untuk menulis perangkat lunak.

Selanjutnya, klik pada tab “Hasil” untuk melihat dan mengunduh file konfigurasi.

Unduh file konfigurasi ini dan gunakan untuk mengganti file default yang disertakan dengan perangkat lunak, di folder yang Anda buka ritsletingnya sebelumnya.

Sekarang, Anda memiliki file konfigurasi, dompet, kolam penambangan, dan siap menjalankan perangkat lunak mining monero.

Setelah Anda terhubung ke kolam penambangan, tekan “H” pada keyboard untuk melihat tingkat hash Anda saat ini. Sekarang, mari kita periksa apakah Anda benar-benar berkomunikasi dengan kumpulan penambangan yang dipilih.

Buka situs web kumpulan yang dipilih dan rekatkan alamat dompet Monero Anda untuk melihat riwayat pembayaran.

Ingatlah bahwa kumpulan memiliki saldo minimum untuk pembayaran. Sekarang, biarkan perangkat Anda melakukan pekerjaan untuk Anda dan tunggu hadiah XMR. Anda akan melihat hadiah Anda langsung di dompet Anda, setelah kumpulan mengirimkan pembayaran pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.