Hockey Stick Chart

Hockey Stick Chart adalah bagan garis di mana kenaikan tajam terjadi secara tiba-tiba setelah beberapa saat tenang. Garis yang menghubungkan titik data menyerupai tongkat hoki. Hockey Stick Chart telah digunakan dalam dunia bisnis dan sebagai visual untuk menunjukkan pergeseran dramatis, seperti suhu global dan statistik kemiskinan.

Hockey stick terdiri dari bilah, lengkungan kecil, dan poros panjang. Bagan tongkat hoki menampilkan data aktivitas tingkat rendah (sumbu y) selama periode waktu yang singkat (sumbu x), kemudian tikungan tiba-tiba menunjukkan titik belok, dan akhirnya kenaikan panjang dan lurus pada sudut yang curam.

Hockey Stick Chart


Bagan ini biasanya diamati di laboratorium sains, seperti di bidang kedokteran atau studi lingkungan. Para ilmuwan, misalnya, telah memetakan data pemanasan global pada bagan yang mengikuti pola hockey stick. Ilmuwan sosial juga akrab dengan grafik. Beberapa pengamatan tentang tingkat peningkatan kemiskinan digambarkan dalam bentuk ini. hockey stick chart dapat segera menarik perhatian. Pergeseran tiba-tiba dan dramatis dalam arah titik data dari periode datar ke apa yang terlihat dalam hockey stick chart adalah indikator yang jelas bahwa lebih banyak fokus harus diberikan pada faktor penyebab. Jika pergeseran data terjadi dalam periode waktu yang singkat, penting untuk menentukan apakah pergeseran tersebut merupakan penyimpangan atau mewakili perubahan mendasar.

Contoh Bisnis Hockey Stick Chart

Groupon Inc. memiliki perbedaan sebagai perusahaan tercepat dalam sejarah bisnis yang mencapai penjualan $ 1 miliar. Ini mencapai ini dalam waktu sekitar dua setengah tahun, setengah waktu bahkan Amazon dan Google. Bayangkan penjualan kurang dari $ 100K pada tahun 2008 dan $ 14,5 juta pada tahun 2009. Ini adalah bagian pisau dari tongkat hoki. Pada tahun 2010, perusahaan memiliki penjualan sebesar $ 313 juta, yang merepresentasikan lengkungan ke atas atau titik belok tongkat. Kemudian pada tahun 2011, Groupon menghasilkan $ 1,6 miliar dalam penjualan. Didesain pada grafik dengan penjualan pada sumbu y dan waktu pada sumbu x, data dengan jelas menggambarkan pola tongkat hoki. Namun, sesukses apa pun perusahaan pada saat itu, pendapatan yang melonjak tidak berarti menguntungkan. Faktanya, kerugian bersih pada tahun 2010 dan 2011 masing-masing adalah $ 413 juta dan $ 275 juta karena beban penjualan dan pemasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.