Apa itu Grafik Candlestick?

Grafik candlestick adalah jenis grafik keuangan yang menunjukkan pergerakan harga suatu aset dalam jangka waktu tertentu. Seperti namanya, grafik ini merupakan kandil, setiap kandil mewakili jangka waktu yang sama. Grafik ini dapat mewakili hampir semua periode, dari detik hingga tahun. 

Grafik candlestick sudah ada sejak abad ke-17. Banyak yang yakin bahwa kemunculannya adalah berkat seorang pedagang beras dari Jepang bernama Homma. Idenyalah yang memberikan fondasi pada grafik candlestick modern yang banyak digunakan saat ini. Penemuan Homma dikembangkan oleh banyak pedangan lain, termasuk yang paling dikenal adalah Charles Dow, salah satu Bapak analisis teknikal modern.

Walaupun grafik candlestick dapat digunakan untuk menganalisis semua jenis data, namun grafik ini kebanyakan diterapkan pada pasar keuangan. Jika digunakan dengan benar, alat ini dapat membantu pedagang untuk mengukur hasil probabilitas pergerakan harga. Grafik ini dapat bermanfaat karena memungkinkan pedagang dan investor untuk mendapatkan ide-ide mereka sendiri berdasarkan analisis pasar yang mereka buat.

Bagaimana Membaca Grafik Candlestick

Banyak pedagang menganggap grafik candlestick lebih mudah dibaca dibandingkan dengan grafik konvensional garis dan batang, walaupun semua jenis grafik ini memberikan informasi yang sama. Grafik candlestick dapat dibaca dengan waktu yang sangat singkat, memberitahu pergerakan harga dengan cepat. 

Dalam praktiknya, sebuah candlestick menunjukkan pertarungan antara bull dan bear pada periode tertentu. Pada umumnya, jika body lebih panjang, maka tekanan pembelian dan penjualan akan lebih intens selama jangka waktu tersebut. Jika wick pada kandil rendah, itu berarti high (atau low) mendekati harga closing.

Warna dan pengaturan mungkin berbeda-beda pada setiap grafik, jika body berwarna hijau, itu berarti aset ditutup lebih tinggi daripada saat dibuka. Merah berarti bahwa harga bergerak turun selama jangka waktu yang diukur, sehinggga close lebih rendah jika dibandingkan dengan open. 

Candlestick

ini merupakan salah satu alat yang paling fundamental bagi para pedagang dan investor. Tidak hanya menunjukkan pergerakan harga suatu aset secara visual, grafik ini juga menawarkan fleksibilitas untuk menganalisis data dalam jangka waktu yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge