Mengenal Storj (STORJ)

Storj (STORJ) adalah platform penyimpanan cloud terbuka. Pada dasarnya, ia menggunakan jaringan node yang terdesentralisasi untuk menampung data pengguna. Platform ini juga mengamankan data yang dihosting menggunakan enkripsi tingkat lanjut.

Dalam white book yang diterbitkan pada Desember 2014, Storj pertama kali diperkenalkan ke dunia sebagai sebuah konsep. Itu akan menjadi platform penyimpanan cloud terenkripsi peer-to-peer terdesentralisasi.

Dua tahun kemudian, sebuah white book yang diperbarui diterbitkan. Di sini, jaringan terdesentralisasi — menghubungkan pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan cloud dengan mereka yang memiliki ruang hard drive untuk dijual — dijelaskan. Platform ini diluncurkan pada akhir 2018.

Orang dengan ruang hard drive dan konektivitas internet yang baik dapat berpartisipasi dalam jaringan. Mereka menjadi satu kesatuan dalam jaringan, yang disebut node. Penyedia ruang dihargai dengan token Storj.

Storj (STORJ)

Penemu

Storj didirikan oleh Shawn Wilkinson pada Mei 2014. Wilkinson adalah pengembang perangkat lunak yang berbasis di Atlanta. Dia melihat bagaimana teknologi blockchain dapat dimanfaatkan untuk membangun jaringan penyimpanan cloud yang terdesentralisasi.

Bersama dengan salah satu pendirinya, John Quinn, buku putih pertama diterbitkan akhir 2014. Sejak itu, konsep dan detailnya telah berubah. Versi Storj saat ini, V3, diluncurkan pada pertengahan tahun 2019.

Selain menjadi penggemar blockchain, Quinn memiliki latar belakang yang luas dalam pengembangan bisnis. Sebelum mendirikan proyeknya sendiri ia telah terlibat dalam industri perbankan investasi. Konsep ini akhirnya dimasukkan sebagai sebuah perusahaan — Storj Labs Inc. pada Mei 2015.

Pada awal perusahaan, Wilkinson menjabat sebagai CEO. Kemudian, dia mengundurkan diri untuk mendapatkan tangan yang lebih berpengalaman untuk mengambil alih kemudi, dengan Ben Golub saat ini menjabat sebagai CEO. Wilkinson sekarang menjabat sebagai chief strategy officer (CSO), sementara Quinn menjabat sebagai chief revenue officer (CSO) serta anggota dewan perusahaan.

Platform ini mampu mengumpulkan 910 bitcoin senilai sekitar $460.000 pada tahun 2014 dalam penjualan massal publik. Mereka mengumpulkan $3 juta dalam putaran pendanaan awal tiga tahun kemudian dan kemudian mengadakan penjualan token, menghasilkan tambahan $30 juta pada tahun yang sama.

Keunikan

Sebagai jaringan penyimpanan cloud yang terdesentralisasi, unik dalam lebih dari satu cara. Pertama, tidak seperti solusi penyimpanan cloud tradisional yang menyimpan data di pusat data besar, Storj berjalan di jaringan ribuan komputer independen.

Siapa pun yang memiliki ruang ekstra beberapa terabyte dapat menjadi simpul di platform dengan menginstal Tardigrade. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet yang kuat dan konsisten.

Efisiensi jaringan berarti bahwa host membayar jauh lebih sedikit untuk penyimpanan data mereka daripada saat menggunakan layanan penyimpanan cloud tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.