Mengenal Internet Computer (ICP)

Internet Computer (ICP) adalah blockchain pertama di dunia yang berjalan pada kecepatan web dengan kapasitas tak terbatas. Ini juga mewakili inovasi blockchain utama ketiga, di samping Bitcoin dan Ethereum — komputer blockchain yang menskalakan perhitungan dan data kontrak pintar, menjalankannya dengan kecepatan web, memproses dan menyimpan data secara efisien, dan menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang kuat untuk pengembang.

Dengan memungkinkan hal ini, Komputer Internet memungkinkan reimaginasi lengkap perangkat lunak — menyediakan cara baru yang revolusioner untuk membangun layanan internet tokenized, platform pan-industri, sistem keuangan terdesentralisasi, dan bahkan sistem dan situs web perusahaan tradisional. Proyek ini didirikan pada Oktober 2016 oleh Dominic Williams, dan menarik minat penting dari komunitas crypto.

DFINITY mengumpulkan total $121 juta dari kontributor seperti Andreessen Horowitz, Polychain Capital, SV Angel, Aspect Ventures, Electric Capital, ZeroEx, Scalar Capital, dan Multicoin Capital, dan beberapa pendukung Ethereum awal yang terkenal. Pada tahun 2018, lebih dari 50.000 peserta register menerima token utilitas ICP dalam airdrop. Pada 18 Desember 2020, DFINITY meluncurkan alpha mainnet dari Komputer Internet. Dalam langkah terakhir menuju desentralisasi, pada 10 Mei 2021, DFINITY meluncurkan Komputer Internet ke domain publik. Tonggak utama ini berarti bahwa internet sekarang berfungsi sebagai komputer global yang terdesentralisasi — ditandai dengan pelepasan semua kode sumber Komputer Internet ke dalam domain publik, serta token utilitas ICP yang memungkinkan puluhan ribu anggota komunitas untuk mengatur Komputer Internet jaringan.

Internet Computer (ICP)

Penemu Internet Computer (ICP)

Dominic Williams adalah Pendiri dan Kepala Ilmuwan DFINITY. Dia adalah seorang ahli teori crypto, yang bertanggung jawab untuk menciptakan Threshold Relay, Probabilistic Slot Consensus, dan teknik crypto baru lainnya, pengusaha serial, dan anggota awal komunitas teknis Bitcoin dan Ethereum. Sebelumnya, dia adalah Presiden dan CTO String Labs, inkubator untuk proyek kripto yang didukung ventura, pelopor awal DeFi di Mirror Labs, dan Pendiri dan CEO Fight My Monster, game MMO untuk anak-anak yang berskala hingga jutaan pengguna. Ia juga mendirikan beberapa startup seperti System7, Airdocs dan Smartdrivez. Lulus King’s College London 1 di Kelas Ilmu Komputer.

Keunika Internet Computer (ICP)

Tujuan dari Internet Computer (ICP) adalah untuk memperluas internet publik, sehingga dapat juga menjadi platform komputasi dunia. Saat ini, internet adalah jaringan yang menghubungkan semua orang dan segalanya. Tetapi sistem dan layanan saat ini dijalankan dari infrastruktur pribadi. Terobosan ilmiah di balik Internet Computer adalah Chain Key Technology, yang mencakup puluhan teknologi canggih seperti Consensus baru, Non-Interactive Distributed Key Generation (NI-DKG), Network Nervous System (NNS), Internet Identity, dll. Teknologi Chain Key terdiri dari satu set protokol kriptografi yang mengatur node yang membentuk Komputer Internet. Ini adalah salah satu terobosan mendasar di balik Komputer Internet, memungkinkannya untuk memiliki satu kunci publik. Ini adalah keuntungan besar karena memungkinkan perangkat apa pun, termasuk jam tangan pintar dan ponsel. Untuk memverifikasi keaslian artefak dari Komputer Internet. Sebaliknya, ini tidak mungkin untuk blockchain tradisional. Kunci publik tunggal hanyalah puncak gunung es: Chain Key Technology adalah mesin yang menggerakkan Komputer Internet dan memungkinkan pengoperasiannya.

Hal ini memungkinkan untuk menambahkan node baru untuk membentuk subnet baru untuk skala jaringan tanpa batas; mengganti node yang rusak atau crash dengan yang baru tanpa pernah berhenti; menghidupkan kembali subnet bahkan jika terlalu banyak node di dalamnya yang gagal; dan memutakhirkan Protokol Komputer Internet dengan mulus, memungkinkan jaringan untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru. Tim R&D DFINITY telah menemukan protokol pembagian ulang kunci noninteraktif baru. Masing-masing penandatangan lama hanya perlu menyiarkan satu pesan ke penandatangan baru. Untuk memastikan bahwa ini dilakukan dengan aman, banyak konsep dari kriptografi tingkat lanjut yang digunakan. Termasuk enkripsi dengan kerahasiaan ke depan dan bukti tanpa pengetahuan noninteraktif. Karena noninteraktif, cara protokol pembagian ulang kunci beroperasi sangat ideal untuk lingkungan asinkron, dan manfaatnya mencakup pelestarian kunci. Sepanjang masa hidup suatu subnet, ia dikenal oleh satu kunci publik, dan pihak lain di Internet Komputer tidak harus melacak perubahan kunci publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.