Wei Dai

Wei Dai adalah seorang insinyur komputer dan cypherpunk yang paling dikenal sebagai pencipta b-money dan pengembang perpustakaan Crypto++. Dai terdaftar sebagai penemu paten AS 5724279 dan 6081598 yang ditugaskan ke Microsoft.

Pendidikan dan karir

Wei Dai lulus dari Universitas Washington dengan gelar di bidang Ilmu Komputer dan digambarkan sebagai “insinyur komputer yang sangat pribadi”. Profilnya sebagai anggota dewan penasihat untuk VoteHere.net (sekarang sudah tidak berfungsi) menunjukkan:

“Mr Dai bekerja di Grup Riset Kriptografi di Microsoft Corporation di Redmond, Washington. Selama di Microsoft, dia terlibat dalam studi, desain, dan implementasi sistem kriptografi untuk aplikasi khusus. Sebelum bergabung dengan Microsoft, Tuan Dai adalah seorang programmer dengan TerraSciences of Acton, Massachusetts. Mr. Dai meraih gelar Bachelor of Science dari University of Washington di bidang ilmu komputer, dengan minor di bidang matematika.”

Wei Dai

Wei Dai dan Kriptografi

Dai telah memberikan banyak kontribusi di bidang kriptografi dan telah mengidentifikasi kerentanan kritis Cipher Block Chaining (CBC) yang memengaruhi SSH2 dan eksploitasi browser terhadap SSL/TLS yang dikenal sebagai BEAST (Browser Exploit Against SSL/TLS).

Crypto++

Crypto++ (juga dikenal sebagai CryptoPP, libcrypto++, dan libcryptopp) adalah perpustakaan kelas C++ sumber terbuka dari algoritma dan skema kriptografi yang ditulis oleh Wei Dai. Crypto++ telah banyak digunakan di bidang akademis, proyek mahasiswa, proyek open source dan non-komersial, serta bisnis.

VMAC

VMAC adalah algoritma kode otentikasi pesan (MAC) berbasis sandi blok menggunakan hash universal yang diusulkan oleh Ted Krovetz dan Wei Dai pada April 2007. Algoritma ini dirancang untuk kinerja tinggi yang didukung oleh analisis formal.

B-money

Pada tahun 1998, Dai Wei membantu memicu minat pada cryptocurrency dengan publikasi “b-money, sistem uang elektronik terdistribusi anonim”. Dalam makalahnya, Dai menguraikan sifat dasar dari semua sistem cryptocurrency modern: “… skema untuk sekelompok nama samaran digital yang tidak dapat dilacak untuk saling membayar dengan uang dan untuk menegakkan kontrak di antara mereka sendiri tanpa bantuan dari luar”.

Wei Dai dan Bitcoin

Digambarkan sebagai “uang yang tidak mungkin diatur”, b-money Dai menggambarkan konsep inti yang kemudian diimplementasikan dalam Bitcoin dan cryptocurrency lainnya:

  • Membutuhkan jumlah pekerjaan komputasi tertentu (alias Proof-of-work).
  • Pekerjaan yang dilakukan diverifikasi oleh komunitas yang memperbarui buku besar kolektif.
  • Pekerja diberikan dana untuk usaha mereka.
  • Pertukaran dana dilakukan dengan pembukuan kolektif dan diautentikasi dengan hash kriptografi.
  • Kontrak ditegakkan melalui penyiaran dan penandatanganan transaksi dengan tanda tangan digital (yaitu, kriptografi kunci publik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.