UTXO (Unspent Transaction Output)

Aspek pertama dalam setiap diskusi tentang UTXO akan menarik perhatian terhadap definisinya. Ini adalah salah satu konsep penting dalam domain blockchain. Menariknya, konsepnya cukup sederhana untuk dipahami. Ini pada dasarnya adalah hasil transaksi yang diterima dan dapat dihabiskan pengguna di masa depan. Mereka pada dasarnya adalah hasil transaksi yang tidak terpakai, dan penting untuk dicatat bahwa pengguna hanya dapat menghabiskan UTXO sekali.

Akibatnya, UTXO tidak memiliki status tidak terpakai lagi, sehingga menyiratkan bahwa mereka tidak dapat digunakan lagi di masa mendatang. Pada dasarnya, UTXO adalah bagian asli yang tidak terpisahkan dari token asli di bawah kendali kunci pribadi pemilik. Dengan kata lain, ini juga merupakan model akuntansi atau keseimbangan yang digunakan untuk jaringan blockchain.

Bekerja di UTXO (Unspent Transaction Output)

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang cara transaksi terjadi di jaringan blockchain dan peran model akuntansi/keseimbangan, penting untuk menyelami lebih dalam pemahaman tentang UTXO. Mereka adalah token asli yang tidak dapat dipisahkan di blockchain yang harus Anda gunakan untuk transaksi. Blockchain mencatat kepemilikan UTXO sementara jaringan menangani pelacakan UTXO yang tersedia. Jumlah Bitcoin dalam kepemilikan pengguna dapat mencakup koin UTXO yang berbeda. Faktanya, mereka tidak terbatas hanya pada Bitcoin karena UTXO menemukan aplikasi di banyak blockchain lain seperti NEO, Litecoin, dan lainnya.

Model UTXO menyiratkan bahwa transaksi baru menggunakan output dari transaksi sebelumnya, sedangkan transaksi baru menghasilkan output baru dalam bentuk UTXO, yang dapat Anda gunakan di masa mendatang. Anda bisa mendapatkan kesan yang jelas tentang ‘apa itu UTXO’ hanya dengan bantuan contoh praktis.

Contoh Praktis untuk Memahami UTXO

Dengan dasar-dasar model UTXO yang cukup jelas bagi Anda sekarang, jelas terlihat bahwa UTXO menawarkan instrumen yang efisien untuk mengatur buku besar blockchain. Salah satu tujuan utama UTXO berfokus untuk memastikan perlindungan dari masalah pengeluaran ganda. Setelah menghabiskan UTXO, satu atau beberapa UTXO dihasilkan dari transaksi.

UTXO yang baru dibuat kemudian masuk ke dompet yang sesuai. Anda juga dapat menganggap UTXO sebagai varian lain dari protokol blockchain dengan referensi terkemuka di whitepaper Bitcoin asli. Dokumentasi Bitcoin asli mengasumsikan UTXO sebagai tolok ukur untuk memverifikasi ketersediaan dana yang diperlukan untuk melaksanakan transaksi yang diminta. Berikut adalah analogi praktis untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja set UTXO.

Anda dapat menganggap koin UTXO sebagai tagihan mata uang fiat tunggal. Misalnya, jika Anda memiliki uang tunai $55, maka Anda bisa memiliki lebih dari satu tagihan mata uang karena Anda tidak bisa mendapatkan tagihan lima puluh lima dolar. Jadi, bahkan jika Anda memiliki $55 di dompet Anda, Anda akan memiliki kombinasi tagihan yang berbeda atau ‘UTXO’ di dompet Anda. Anda dapat memiliki kombinasi yang berbeda seperti sebelas uang kertas $5, lima puluh lima uang kertas $1, lima uang kertas $10, dan satu uang kertas $5 atau dua uang kertas $20 dan tiga uang kertas $5. Ada banyak kombinasi lain yang dapat Anda pikirkan, dan pada akhirnya Anda akan mendapatkan uang tunai $55 yang sama.

Bahkan jika Anda memiliki tagihan yang berbeda, Anda memiliki jumlah uang tunai yang sama dalam setiap skenario. Konsep yang sama berlaku jelas untuk kasus UTXO. Sama seperti uang tunai $55 di dompet Anda, Anda dapat melihat satu saldo di dompet kripto Anda. Namun, Anda dapat memiliki satu atau beberapa UTXO di dompet Anda, dan ukurannya dapat bervariasi. Jumlah semua UTXO di dompet berjumlah total saldo dompet.

Apakah Tagihan Mata Uang UTXO dan Fiat Sama?

Kekhawatiran menonjol lainnya yang mungkin Anda miliki dalam diskusi mengenai model UTXO sebagian besar terlihat dalam perbedaan antara UTXO dan tagihan mata uang fiat. Apakah mereka pada dasarnya adalah hal yang sama, hanya pada platform yang berbeda? Contoh praktis yang disajikan di atas untuk menyoroti kerja dasar UTXO pasti menunjukkan analogi antara mereka dan tagihan mata uang fiat. Namun, ada gangguan tertentu dalam contoh mendasar, yang dapat menjelaskan lebih lanjut tentang set UTXO.

Pertama-tama, contoh belum memperhitungkan biaya transaksi. Anda perlu membayar biaya transaksi di setiap jaringan blockchain untuk melakukan perdagangan. Jadi, pengguna yang mengirim cryptocurrency ke alamat yang berbeda akan mendapatkan UTXO baru, yang sama dengan nilai asli dikurangi jumlah cryptocurrency yang dikirim bersama dengan biaya transaksi. Biaya transaksi dapat bervariasi pada blockchain yang berbeda.

UTXO (Unspent Transaction Output)

Kesalahan penting berikutnya dalam contoh mendasar untuk model UTXO mengacu pada nilai tetap uang kertas. Pada dasarnya, uang kertas terbatas dalam persediaan dan tergantung pada keputusan pemerintah untuk mencetaknya. Anda akan menemukan nilai yang telah ditentukan sebelumnya untuk setiap tagihan mata uang fiat. Namun, Anda tidak dapat mengatakan hal yang sama untuk UTXO karena mereka bisa datang dalam jumlah berapa pun.

Akibatnya, model output transaksi yang tidak terpakai juga dapat menghasilkan beberapa keuntungan yang menjanjikan. Keuntungan utama yang dapat Anda temukan, dalam hal ini, akan mengacu pada fleksibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan mata uang fiat. Anda dapat memiliki hampir 1000 Bitcoin dalam satu UTXO daripada ribuan tagihan mata uang fiat yang dibutuhkan secara tunai.

Bagaimana dengan Fleksibilitas dengan Model UTXO (Unspent Transaction Output)?

Faktor terpenting tentang UTXO adalah bahwa pengembang blockchain mendapatkan kesempatan untuk menulis kode untuk mengoptimalkan cara mengemas denominasi kecil cryptocurrency. Oleh karena itu, pengembang mendapatkan kesempatan untuk menambahkan wawasan mereka untuk mempertahankan bobot data blockchain dalam proporsi yang dapat dikelola. Kolaborasi antara pengembang di samping keahlian mereka memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan manajemen set UTXO yang efektif. Peningkatan tingkat efisiensi dalam menghasilkan UTXO dapat menyebabkan pengurangan bobot data sekaligus memastikan kecepatan pemrosesan yang optimal.

UTXO jelas menghadirkan banyak fleksibilitas dibandingkan dengan mata uang fiat sementara juga memainkan peran penting dalam fungsionalitas blockchain. Namun, ia juga memiliki batasan yang tangguh dibandingkan dengan mata uang fiat. Jumlah dan kuantitas UTXO di dompet digital setiap individu harus didokumentasikan. Oleh karena itu, kemungkinan merakit atau membongkar koin UTXO hanya muncul saat Anda berpartisipasi dalam transaksi blockchain publik. Jika Anda tidak mengirim atau menerima dana kripto apa pun, Anda tidak dapat mengubah jumlah dan jumlah UTXO di dompet Anda.

Nilai Model UTXO (Unspent Transaction Output)

Sorotan paling penting dari setiap diskusi tentang UTXO jelas akan mengarah pada nilai yang ditawarkannya.

Kontrak Cerdas Agnostik Bahasa

Kontrak pintar berbasis UTXO telah muncul sebagai terobosan besar dalam ekosistem blockchain. Kontrak pintar semacam itu sepenuhnya independen dari bahasa dan dapat memungkinkan semua UTXO mengembangkan mekanisme konsensus yang unik.

Dukungan untuk Pertukaran Terdesentralisasi dan Tukar Atom

Keuntungan penting kedua dari UTXO secara langsung mengacu pada dukungan mereka untuk pertukaran terdesentralisasi. Model UTXO dapat mendukung pertukaran atom, sehingga memungkinkan perdagangan kripto peer-to-peer tanpa intervensi pihak ketiga atau perantara. Anda tidak perlu khawatir tentang akun terpusat, layanan escrow, atau token proxy dengan pertukaran atom. Akibatnya, fitur pertukaran atom UTXO menawarkan fasilitas yang lebih baik untuk perdagangan mata uang kripto langsung antar dompet pengguna.

Manfaat Skalabilitas

Manfaat signifikan lainnya yang terkait dengan koin UTXO mengacu pada skalabilitas. Karena Anda memiliki opsi untuk memproses UTXO yang berbeda pada satu instans, Anda mendapatkan fasilitas atau pemrosesan transaksi paralel. Akibatnya, Anda dapat dengan jelas mencatat bagaimana model dapat mengurangi beban komputasi pada jaringan blockchain.

Privasi dan Keamanan

Keuntungan nilai kunci berikutnya yang terkait dengan UTXO adalah fasilitas privasi. Dengan alamat baru yang digunakan untuk setiap transaksi UTXO, praktis tidak mungkin untuk melacak transaksi. Keuntungan tambahan dengan UTXO dalam hal ini juga menjadi jelas dalam hubungan antara input dan output untuk transaksi. Meskipun ada beberapa pengecualian yang jarang terjadi, UTXO dapat mengaktifkan otentikasi yang lebih mudah dari semua urutan transaksi sambil mengatasi masalah pengeluaran ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.