Cara Stake dan Earn Polkadot (DOT)

Polkadot adalah jaringan blockchain generasi ketiga dengan ambisi tinggi. Ini bertujuan untuk memecahkan masalah utama dari ekosistem blockchain tradisional dengan menyediakan cara baru untuk memecahkan masalah seputar penskalaan, keamanan, pembuatan blockchain, dan transfer lintas-blockchain.

Polkadot melakukan ini melalui penggunaan parachains – jaringan blockchain yang dapat dioperasikan masing-masing dengan aturan dan fungsionalitas uniknya sendiri. Ini adalah keberangkatan yang berbeda dari blockchain seperti Ethereum dan Cardano, yang berfokus pada Kontrak Cerdas untuk mencapai hasil yang serupa.

Tidak seperti Bitcoin, yang menggunakan algoritma konsensus proof-of-work (PoW) untuk memvalidasi transaksi dan menambang token baru, Polkadot menggunakan sistem proof-of-stake (NPoS) yang dinominasikan di mana pengguna menyimpan token DOT ke alamat khusus untuk memvalidasi rantai dan dapatkan hadiah. Ini adalah proses yang dikenal sebagai staking.

Panduan ini akan mengeksplorasi berbagai cara Anda dapat stake token DOT untuk mendapatkan hadiah, baik dengan stake secara langsung atau melalui beberapa metode yang lebih baru, seperti menggunakan pertukaran atau layanan DeFi.

Stake Polkadot

Earn Yield Di Polkadot

Cara termudah untuk mendapatkan DOT adalah melalui pertukaran atau platform pinjaman khusus. Layanan ini meminjamkan DOT Anda kepada peminjam dan membayar Anda dengan hasil (APY) untuk melakukannya, mirip dengan rekening tabungan. Meskipun perlu diingat bahwa layanan pinjaman cryptocurrency tidak memberikan jaminan yang sama seperti bank tradisional, dan tidak tunduk pada aturan dan regulasi yang sama.

Apa itu Polkadot Staking

Staking mengacu pada proses mengunci cryptocurrency untuk membantu memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringan. Sebagai imbalan atas upaya mereka, staker Polkadot dibayar dengan hadiah DOT.

Anda dapat stake Polkadot dengan dua cara: sebagai validator atau nominator. Validator adalah mereka yang membuat blok, nominator adalah mereka yang memilih siapa yang akan menjadi validator. Jika validator yang Anda pilih dengan salah satu dari 16 suara Anda memenangkan satu blok, Anda mendapatkan bagian dari hadiah mereka.

Sama halnya dengan penambangan Bitcoin, stake Polkadot sebagai validator membutuhkan pengetahuan teknis tingkat tinggi dan investasi dalam masternode yang berjalan 24/7 sebelum Anda dapat menghasilkan keuntungan.

Atau, siapa pun dapat stake Polkadot sebagai nominator tanpa keahlian teknis atau investasi peralatan yang signifikan. Anda dapat melakukan ini dengan menyetorkan dana pada pertukaran mata uang kripto atau dengan menguncinya di dompet.

Terakhir, meskipun secara teknis tidak stake, cara lain untuk mendapatkan imbalan pasif dari hanya memegang Polkadot adalah dengan mentransfernya ke salah satu dari banyak platform pinjaman seperti Nexo atau Crypto.com, di mana mereka menggunakannya untuk meminjamkan kepada investor lain, menghasilkan Anda jumlah variabel selama jangka waktu deposit Anda.

Bagaimana Cara Stake Polkadot?

Staking Di Exchange

Cara termudah untuk memulai staking Polkadot adalah melalui pertukaran mata uang kripto seperti Binance atau Kraken. Menggunakan pertukaran untuk dipertaruhkan semudah membeli token DOT, memilih pertukaran favorit Anda dan menyetorkan token Anda ke dompet Polkadot Anda. Setelah Anda memiliki token di dompet Anda, mudah untuk mulai staking.

Staking Dengan Wallet

Cara lain untuk staking Polkadot adalah dengan dompet atau node. Anda dapat memilih dari dompet perangkat keras fisik seperti Buku Besar hingga dompet berbasis browser seperti Polkadot JS dan dompet seluler seperti imToken.

Sangat mudah untuk mempertaruhkan dompet seluler seperti imToken:

  • Unduh aplikasi imToken dari App Store atau Google Play.
  • Buat identitas dan simpan kata sandi Anda.
  • Tambahkan koin Anda dari layar berikutnya, pilih “DOT” dan klik “Konfirmasi”.
  • Cadangkan mnemonik baru Anda dengan aman.
  • Temukan alamat dompet Anda dan setorkan token DOT.
  • Setelah disetor, klik “Staking” dari dalam dompet DOT Anda dan pilih validator Anda.
  • Klik “Konfirmasi Validator” dan masukkan jumlah obligasi Anda.
Staking Dengan Masternode

Sering dicadangkan untuk sebagian besar penggemar hardcore, cara paling rumit untuk mempertaruhkan Polkadot adalah melalui pengaturan masternode Anda sendiri sebagai validator. Bahkan bagian bantuan Polkadot merekomendasikan untuk memiliki “pengalaman administrasi sistem yang signifikan” sebelum menjalankan validator Anda sendiri.

Karena masternode selalu disinkronkan dengan blockchain, masternode harus tetap berjalan setiap saat dengan kecepatan dan kapasitas untuk mengatasi beban ini. Mengingat hal ini, mereka yang ingin menempuh rute masternode akan membutuhkan investasi yang signifikan baik dalam perangkat keras maupun mesin virtual (VPS).

Demikian juga, untuk menjadi validator aktif, Anda akan diminta untuk mempertaruhkan sekitar 2 juta token DOT untuk ambil bagian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.