Obligasi Konversi dan Jenis-Jenisnya

Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan perusahaan yang kemudian akan ditawarkan kepada investor. Surat utang tersebut memiliki nilai dan tanggal jatuh tempo. Dalam obligasi, terdapat obligasi konversi atau convertible bond yaitu salah satu jenis obligasi yang dapat dikonversikan menjadi sebuah saham dari perusahaan yang mengeluarkan obligasi tersebut. Biasanya, obligasi konversi memiliki suku bunga kupon yang tidak tinggi, karena investor yang sebelumnya pemegang obligasi dianggap menerima kompensasi yaitu kesempatan untuk menukarkan efek tersebut menjadi saham biasa dengan harga yang lebih rendah dibanding dengan harga saham yang saham yang ada di pasaran.

Jenis-Jenis Obligasi Konversi

Vanilla Convertible Bonds

Vanilla convertible bonds adalah jenis yang paling umum. Obligasi ini memberikan hak kepada pemegang surat utang untuk mengonversi obligasi yang dimiliki ke sejumlah saham dengan harga dan nilai konversi yang telah ditentukan sesuai tanggal jatuh tempo. Selama masa berlakunya obligasi, si investor memperoleh kupon bunga. Pada tanggal jatuh tempo, investor memperoleh hak atas nominal obligasi atau dikonversikan dalam bentuk saham.

Mandatory Convertible

Mandatory convertible atau obligasi wajib konversi adalah obligasi yang mewajibkan investor untuk mengubah obligasi yang dipegang menjadi saham pada saat jatuh tempo. Jatuh temponya memiliki jangka yang pendek namun imbal hasil yang tinggi. Obligasi ini memliki dua harga konversi, yaitu harga setara nilai saham dan harga di atas nilai par.

Reverse Convertible

Reverse convertible adalah obligasi yang memberikan penerbit obligasi sebuah opsi untuk membeli kembali obligasi secara tunai atau mengonversinya ke ekuitas yang harganya telah ditentukan pada tanggal jatuh tempo.

Exchange Convertibles

Exchange convertibles atau obligasi tukar adalah obligasi yang aset dasarnya merupakan saham dari perusahan yang berbeda. Berarti, ketika investor menukar obligasi menjadi sebuah saham, saham yang dimiliki adalah saham milik perusahaan lain, bukan saham yang berasal dari penerbit obligasi.

Contingent Convertible

Contingent convertible adalah obligasi konversi bersyarat adalah obligasi yang memberikan syarat tertentu bagi investor yang ingin mengonversi surat utang. Investor dapat menukar obligasi ke bentuk saham apabila harga saham yang berlaku di pasar modal telah mencapai persentase tertentu yaitu harga saham di atas harga konversi yang telah ditentukan.

Convertible Preffered Stock

Convertible preffered stock atau obligasi konversi saham preferen adalah obligasi yang perbedaannya dengan yang lain hanya ada pada struktur permodalannya, yaitu obligasi ini memiliki peringkat senioritas yang lebih rendah dibanding yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge