Notional Value

Notional value dalah istilah yang sering digunakan untuk menilai aset dasar dalam perdagangan derivatif. Ini bisa berupa nilai total posisi, berapa nilai yang dikontrol posisi, atau jumlah yang disepakati dalam kontrak. Istilah ini digunakan saat menjelaskan kontrak derivatif di pasar opsi, futures, dan mata uang.

Notional value

Dalam bahasa pasar, notional value adalah jumlah total yang mendasari perdagangan derivatif. Notional value kontrak derivatif jauh lebih tinggi dari nilai pasar karena konsep yang disebut leverage.

Leverage memungkinkan seseorang menggunakan sejumlah kecil uang untuk secara teoritis mengontrol jumlah yang jauh lebih besar. Jadi, nilai nosional membantu membedakan nilai total perdagangan dari biaya (atau nilai pasar) dari perdagangan, Ada perbedaan yang jelas: nilai nosional menyumbang nilai total posisi, sedangkan nilai pasar adalah harga di mana posisi itu dapat dibeli atau dijual di pasar. Jumlah leverage yang digunakan dapat dihitung dengan membagi nilai nosional dengan nilai pasar.

Kontrak memiliki ukuran unik dan terstandarisasi yang dapat didasarkan pada faktor-faktor seperti berat, volume, atau pengali. Misalnya, satu unit kontrak berjangka (GC) COMEX Gold adalah 100 troy ons, dan kontrak berjangka indeks S&P 500 E-mini memiliki pengganda $ 50.

Sebaliknya, mereka hanya perlu memberikan jumlah yang disebut margin awal, (nilai pasar) yang biasanya merupakan sebagian kecil dari jumlah nosional. Leverage yang digunakan adalah jumlah nosional dibagi harga pembelian kontrak. Jika harga (margin awal) untuk satu kontrak adalah $ 10.000, maka pedagang dapat menggunakan (140.000 / 10.000) leverage 14 kali lipat.

Integral

Notional value merupakan bagian integral dalam menilai risiko portofolio yang dapat sangat berguna saat menentukan rasio lindung nilai untuk mengimbangi risiko tersebut. Misalnya, dana memiliki eksposur panjang $ 1.000.000 ke pasar ekuitas AS dan manajer dana ingin mengimbangi risiko tersebut menggunakan kontrak berjangka E-mini S&P 500. Mereka harus menjual kontrak berjangka S&P 500 dengan jumlah yang kira-kira setara untuk melindungi nilai risiko pasar mereka. Menggunakan contoh di atas, nilai nosional dari setiap kontrak berjangka E-mini S&P 500 adalah $ 140.000 dan nilai pasar adalah $ 10.000.

Dalam swap suku bunga, notional value adalah nilai yang ditentukan di mana pembayaran suku bunga akan ditukar. Nilai nosional dalam swap suku bunga digunakan untuk menentukan jumlah bunga yang harus dibayar. Biasanya, nilai nosional pada jenis kontrak ini ditetapkan selama umur kontrak.

Total return swap melibatkan pihak yang membayar tingkat mengambang atau tetap dikalikan dengan jumlah nilai nosional ditambah penurunan nilai nosional. Ini ditukar dengan pembayaran oleh pihak lain yang membayar apresiasi nilai nosional.

Derivatif valuta asing seperti forward dan option memiliki dua notional value. Karena transaksi ini melibatkan dua mata uang, keduanya menerima nilai nosional terpisah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.