Apa Itu Crypto Indeks Fear dan Greed?

Indeks fear dan greed crypto adalah skala yang mengarah pada sentimen orang saat ini terhadap pasar cryptocurrency. Tinggi dan rendahnya nilai aset dapat digambarkan sebagai efek dari peningkatan fear dan greed di pasar. Peningkatan keserakahan akan berarti permintaan yang lebih tinggi, yang selanjutnya meningkatkan harga Bitcoin. Sebagai alternatif, peningkatan ketakutan akan menunjukkan dirinya sebagai penurunan permintaan dan nilai, menjadikan ini sebagai waktu yang paling tepat untuk membeli Bitcoin.

Membaca indeks fear dan greed crypto itu sederhana. Jika skalanya mencapai 80 atau lebih tinggi (Extreme Greed), itu berarti bahwa sikap terhadap crypto adalah positif dan pasar melihat banyak pembelian serakah, menjadikan ini waktu yang tepat untuk menjual. Ketakutan meningkat saat jumlahnya turun, mendekati nol. Saat-saat ketakutan yang ekstrem dilihat oleh banyak orang sebagai waktu yang ideal untuk membeli BTC, berkat rendahnya permintaan dan harga rendah yang menyertai periode ini.

Apa rumusnya?

Menghitung indeks fear dan greed crypto melibatkan pemfaktoran dalam survei, konten media sosial, dan tren untuk menghasilkan pembacaan suhu untuk pasar. Setiap komponen akan dibobot dengan tepat, memungkinkan deskripsi yang lebih akurat tentang situasi saat ini.

Mari kita lihat masing-masing faktor ini:

Volatilitas (25%)

Ini mengukur perubahan harga cryptocurrency dari waktu ke waktu, diambil sebagai rata-rata selama 30 dan 90 hari. Rata-rata ini digunakan untuk memberi pengguna pandangan mendetail tentang volatilitas pasar saat ini, serta penarikan dan perilaku maksimumnya terkait dengan nilai rata-rata. Peningkatan volatilitas dikaitkan dengan peningkatan ketakutan di pasar cryptocurrency.

Volume pasar (25%)

Demikian pula, rata-rata 30 dan 90 hari akan digunakan di sini untuk mengukur momentum pasar. Di sini, momentum pasar digabungkan dengan volume pasar untuk menggambarkan seberapa bullish atau serakah pasar pada saat itu. Peningkatan nilai di sini akan menggambarkan peningkatan volatilitas pasar bullish.

Indeks fear dan greed

Media sosial (15%)

Sebagian besar memanfaatkan posting Twitter dan didukung oleh data dari situs forum seperti Reddit, bagian ini mengukur jumlah posting dan tagar seputar Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Posting engagement juga dipertimbangkan di sini, karena ini menunjukkan betapa “cepat” komunitas mencerna dan menyebarkan semua informasi ini. Peningkatan posting dan keterlibatan akan menggambarkan peningkatan keserakahan pasar.

Survei (15%)

Jajak pendapat mingguan membantu analis mengamati dan memahami pasar. Dengan cara ini, pengalaman langsung para pedagang digabungkan dengan wawasan mereka untuk memberi analis gambaran yang akurat tentang bagaimana komunitas melihat pasar. Akurasi, tentu saja, akan ditingkatkan dengan lebih banyak responden survei.

Dominasi (10%)

Dominasi koin, dalam kasus kami Bitcoin, diukur dengan kapitalisasi pasarnya dibandingkan dengan koin lainnya. Di sini, kita harus mempertimbangkan bagaimana Bitcoin dianggap sebagai investasi yang aman di masyarakat.

Menganalisis bagian ini ada dua; peningkatan dominasi Bitcoin mungkin menggambarkan pasar yang menakutkan karena lebih sedikit uang yang beredar di alt-coin. Atau, penurunan dominasi mungkin menunjukkan pasar yang serakah, karena orang bersedia mengambil risiko lebih banyak dalam alt-coin.

Tren (10%)

Tentu saja, tren akan berperan dalam indeks ini. Google Trends adalah alat yang hebat untuk ini, karena menunjukkan volume pencarian pada kueri yang melibatkan Bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Sedikit kekhususan diperlukan di sini dengan menyempurnakan istilah pencarian Anda menjadi pertanyaan seperti, “Kenaikan harga Bitcoin,” “Prediksi harga Ethereum,” dan sejenisnya. Anda dapat menilai fear dan greed crypto berdasarkan peningkatan dalam istilah pencarian yang sesuai.

Bagaimana berinvestasi di crypto dengan fear dan greed dalam pikiran

Bayangkan ini: suatu hari Anda online dan melihat banyak teman Anda di media sosial membeli Bitcoin dengan harga yang mengkhawatirkan. Akibatnya, Anda juga merasa perlu membeli Bitcoin. Lagi pula, Anda tidak ingin ketinggalan, bukan? Hal berikutnya yang Anda tahu, pasar kemudian mengoreksi dirinya sendiri dan permintaan Bitcoin turun seiring dengan nilainya.

Ini hanyalah contoh dasar bagaimana pembelian dapat dibebankan secara emosional — dan Anda mungkin menemukan bahwa perdagangan impulsif bukanlah pilihan terbaik untuk Anda.

Trading Bitcoin menggunakan indeks fear dan greed adalah masalah sederhana untuk mengetahui opsi apa yang Anda miliki saat menghadapi kondisi tertentu. Ketika keserakahan tinggi, harga mungkin akan segera turun, jadi menjual BTC Anda mungkin merupakan pilihan terbaik. Kebalikannya berlaku, dengan ketakutan yang tinggi menunjukkan waktu yang tepat untuk membeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.