Dividen adalah Keuntungan Bagi Para Investor

Dividen adalah pembagian laba atau keuntungan dari sebuah perusahaan kepada pemilik saham. Besar kecilnya dividen menyesuaikan dengan jumlah saham yang dimiliki investor. Semakin besar jumlah saham, maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh. Segala hal mengenai dividen sepeti besar kecilnya dividen, stabilitas dividen, dan beberapa hal lain dapat terjadi berdasarkan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dividen adalah
Semakin besar jumlah saham, maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh

Jenis-Jenis Dividen

Dividen Tunai (Cash Dividend)

Dividen tunai adalah dividen yang diberikan dalam bentuk uang tunai. Dividen tunai banyak disukai oleh para investor dan yang sering digunakan banyak perusahaan. Karena dividen jadi lebih mudah diterima dan lebih nyata.

Dividen Saham (Stock Dividend)

Dividen saham adalah dividen yang diberikan dalam bentuk saham yang berarti investor akan mendapatkan saham tambahan sebagai bentuk dividen. Namun, pemberian dividen dalam bentuk saham tidak akan merubah posisi likuiditas perusahaan.

Dividen Barang (Property Dividend)

Dividen barang adalah dividen yang diberikan dalam bentuk barang. Namun, barang yang diberikan harus dipastikan adalah barang yang dapat dibagi-bagi dan tidak mengganggu operasional perusahaan.

Dividen Skrip (Scrip Dividend)

Dividen skrip adalah dividen yang diberikan dalam bentuk skrip atau janji utang. Janji tersebut dalam bentuk tertulis yang dimana perusahaan akan membayar keuntungan di masa mendatang sesuai dengan jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Dividen Likuidasi (Dividend Liquidating)

Dividen likuidasi adalah dividen yang diberikan berupa sebagian modal perusahaan. Atau bisa diartikan sebagai pengembalian modal atas investasi perusahaan. Hal ini berarti terjadinya pengurangan untuk modal perusahaan yang dapat mengancam perusahaan.

Perhitungan Dividen

Dividen yang diperoleh investor memiliki nominal yang berbeda-beda, tergantung seberapa besar jumlah saham yang mereka miliki. Dalam menentukan nominal dividen yang aka diberikan kepada investor, ada tiga elemen perhitungan yang digunakan, yaitu :

  • EPS (Laba bersih perusahaan)
  • DPR (Dividend Payout Ratio)
  • Jumlah saham beredar

Dividen = Laba bersih X DPR

Dividen per lembar saham = Dividen : Saham beredar

Prosedur Pembayaran Dividen

Tanggal Pengumuman (Declaration Date)

Tanggal pengumuman adalah waktu untuk memberitahukan kepada para investor mengenai jumlah dividen yang akan diberikan, bentuk dividen, serta jadwal pemberian dividen.

Tanggal Pencatatan (Date of Record)

Tanggal pencatatan adalah waktu dimana perusahaan akan mendata nama-nama pemegang saham perusahaan. Karena yang berhak mendapatkan dividen hanyalah orang-orang yang sudah terdaftar sebagai pemegang saham perusahaan.

Tanggal Cum – Dividend

Tanggal cum – dividen adalah hari terakhir untuk kegiatan perdagangan saham yang masih mendapatkan hak untuk menerima dividen.

Tanggal Ex – Dividend

Tanggal ex – dividend adalah tanggal yang apabila terjadi perdagangan saham, maka investor tidak akan terdaftar namanya sehingga tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Tanggal Pembayaran (Payment Date)

Tanggal pembayaran adalah tanggal dimana perusahaan akan membagikan dividen kepada para investor sesuai dengan yang sudah disepakati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge