parabolic sar

Parabolic SAR

Parabolic SAR adalah indikator analisa teknikal yang menunjukkan rentang pergerakan harga. Ditunjukkan berupa titik di atas atau di bawah candle, indikator ini menunjukkan trend bullish, bearish dan kemungkinan pembalikan harga.

Secara umum, titik Parabolic SAR (PSAR) yang berada di bawah candlestick menunjukkan tren harga bergerak naik (bullish). Titik di bawah sementara candlestick menunjukkan kenaikan, trend akan berlanjut. Apalagi jika jarak antara titik-titik sangat lebar.

Jika titik tetap berada di bawah, sementara candlestick terus menunjukkan penurunan, kemungkinan akan terjadi pembalikan harga. Pembalikan akan terjadi jika titik menyentuh candlestick, dan berubah di atasnya.

Begitu juga sebaliknya, jika titik parabolic sar di atas candlestick menunjukkan tren harga bergerak turun (bearish). Jika candlestick bergerak naik sementara titik berada di atas, maka kemungkinan sedang terjadi persiapan pembalikan trend. Apalagi jika titik sudah berjarak sangat dekat.

Jika titik di atas candlestick, sementara grafik terus bergerak turun, makan kemungkinan besar trend akan berlanjut. Jarak yang panjang antar titik menunjukkan bahwa harga terus naik dalam jangka waktu yang lebih lama (tergantung dari timeframe yang digunakan).

parabolic SAR
Parabolic SAR (ditunjukkan dalam garis biru)

Kelemahan

Indikator ini diciptakan oleh J. Welles Wilder Jr. pencipta Relative Strength Index (RSI). Indikator ini kadang terlambat memberi tahu kita saat terjadi perubahan harga. Juga pada trend sideways (naik turun, tidak konstan naik atau konstan turun), Parabolic SAR kadang memberikan sinyal yang keliru. Untuk itu hanya gunakan indikator ini pada trend yang sedang berkelanjutan.

Biasanya penggunaan PSAR tidak sendiri namun komplemen dengan indikator lain. Misalnya Moving Average (MA) dengan beberapa timeframe. Penggabungan MA dangan PSAR akan menghasilkan sinyal yang cukup untuk memprediksi pergerakan harga berikutnya.

Pergerakan moving average di bawah candlestick, sementara titik Parabolic SAR berada di antara keduanya, maka trend naik akan terus berlanjut. Jarak antar titik juga menandakan belum ada perubahan harga dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge