Sortino Ratio

Sortino Ratio adalah metrik penyesuaian risiko yang digunakan untuk menentukan pengembalian tambahan untuk setiap unit risiko penurunan. Ini dihitung dengan terlebih dahulu menemukan perbedaan antara tingkat pengembalian rata-rata investasi dan tingkat bebas risiko. Hasilnya kemudian dibagi dengan standar deviasi pengembalian negatif. Idealnya, rasio Sortino yang tinggi lebih disukai, karena ini menunjukkan bahwa investor akan memperoleh pengembalian yang lebih tinggi untuk setiap unit risiko penurunan.

Sortino Ratio adalah variasi dari Sharpe Ratio yang membedakan volatilitas berbahaya dari total volatilitas keseluruhan dengan menggunakan standar deviasi aset dari pengembalian portofolio negatif deviasi sisi bawah bukan standar deviasi total pengembalian portofolio. Sortino Ratio mengambil pengembalian aset atau portofolio dan mengurangi tingkat bebas risiko, dan kemudian membagi jumlah itu dengan deviasi penurunan aset. Rasio ini dinamai Frank A. Sortino.

Sortino Ratio adalah cara yang berguna bagi investor, analis, dan manajer portofolio untuk mengevaluasi pengembalian investasi untuk tingkat risiko buruk tertentu. Karena rasio ini hanya menggunakan deviasi sisi bawah sebagai ukuran risikonya, rasio ini mengatasi masalah penggunaan risiko total, atau deviasi standar, yang penting karena volatilitas sisi atas bermanfaat bagi investor dan bukan merupakan faktor yang dikhawatirkan sebagian besar investor.

Sortino Ratio

Sama seperti Sharpe Ratio, semakin tinggi hasil Sortino ratio semakin baik. Ketika melihat dua investasi serupa, investor yang rasional akan lebih memilih yang memiliki rasio Sortino lebih tinggi karena itu berarti investasi tersebut menghasilkan lebih banyak pengembalian per unit dari risiko buruk yang diambilnya.

Perbedaan Antara Sortino Ratio dan Sharpe Ratio

Rasio Sortino meningkatkan rasio Sharpe dengan mengisolasi penurunan atau volatilitas negatif dari volatilitas total dengan membagi kelebihan pengembalian dengan deviasi downside alih-alih total standar deviasi portofolio atau aset.

Rasio Sharpe menghukum investasi untuk risiko yang baik, yang memberikan pengembalian positif bagi investor. Namun, menentukan rasio mana yang akan digunakan tergantung pada apakah investor ingin fokus pada total atau standar deviasi, atau hanya deviasi sisi bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.