Apa itu Penambangan Bitcoin?

Penambangan bitcoin

Apa itu Pertambangan?

Ada tiga cara utama untuk mendapatkan Bitcoin: membelinya di bursa, menerimanya untuk barang dan jasa, dan menambang. Penambangan adalah proses menambahkan catatan transaksi ke buku besar publik Bitcoin yang disebut Blockchain. Itu ada sehingga setiap transaksi dapat dikonfirmasi, dan setiap pengguna jaringan dapat mengakses buku besar ini. Ini juga digunakan untuk membedakan transaksi Bitcoin yang sah dari upaya membelanjakan kembali uang yang telah dibelanjakan di tempat lain.

Pertambangan : proses pencatatan, dilakukan melalui penggunaan daya pemrosesan komputer.

Blockchain : buku besar yang didistribusikan publik tempat catatan dari setiap transaksi Bitcoin disimpan.

Blockchain disebut demikian karena secara harfiah merupakan rantai blok, yang merupakan daftar transaksi yang dilakukan selama periode waktu yang ditetapkan. Ketika blok transaksi dihasilkan, penambang meletakkannya melalui proses. Mereka menerapkan rumus matematika yang kompleks ke informasi di blok, kemudian mengubahnya menjadi urutan huruf dan angka yang jauh lebih pendek dan acak,yang disebut ‘hash’.

Hash – urutan unik dengan panjang tetap dari digit acak, yang dapat dibuat dari data dalam berbagai ukuran.

Hash tidak hanya terdiri dari informasi dari blok transaksi, beberapa bagian data lainnya juga digunakan. Yang paling penting, hash dari blok sebelumnya yang disimpan dalam Blockchain disertakan.

Meskipun relatif mudah untuk menghasilkan hash dari pengumpulan data seperti blok transaksi, praktis tidak mungkin untuk mengetahui data apa yang digunakan hanya dengan melihat urutan hash. Selain itu, setiap hash unik, dan mengubah hanya satu karakter dalam blok Bitcoin sepenuhnya mengubah urutan hash.

Rewards

Pada dasarnya, penambang melayani komunitas Bitcoin dengan mengonfirmasi setiap transaksi dan memastikan bahwa setiap transaksi itu sah. Mereka semua bersaing satu sama lain, menggunakan perangkat lunak yang ditulis khusus untuk menambang blok. Setiap kali blok baru ‘ditutup’, yang berarti bahwa penambang telah berhasil membuat urutan hash yang benar, dia mendapat hadiah.

Biasanya, akan sangat mudah untuk menghasilkan hash dari kumpulan informasi, perlu komputer sangat bagus dalam hal ini. Karenanya, untuk mencegah pengguna melakukan hashing ribuan blok transaksi setiap detik dan menambang semua Bitcoin yang tersedia dalam hitungan menit, jaringan Bitcoin harus dengan sengaja mempersulit prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge