Bitcoin adalah Awal Mula Legenda Mata Uang Kripto

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang muncul di pasar dan saat ini merupakan koin kripto yang paling populer dan dicari di dunia. Mata uang yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto ini dibuat dengan maksud untuk membangun sistem keuangan yang tidak terpusat tanpa perantara seperti bank atau pemerintah. Salah satu fitur yang paling menonjol adalah buku besar publik yang sepenuhnya transparan yang tidak berubah. Ini menawarkan pengguna peningkatan keamanan, kecepatan transaksi, dan kontrol atas dana mereka. Transaksi dapat bervariasi antara 10 menit hingga satu jam tergantung pada ukuran dana. Batas pasokan maksimum adalah 21 juta BTC dan unit Bitcoin terkecil adalah Satoshi – 0,0000000001 BTC (seratus juta).

Keuntungan

Salah satu keuntungan utama dari jaringan Bitcoin adalah buku besar publik yang menyediakan anonimitas, transparansi, dan imutabilitas. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya:

  • Lightning Network
  • Transaksi peer-to-peer tanpa pihak ke-3 sebagai perantara
  • Biaya transaksi rendah – dapat disesuaikan oleh pengguna

Kerugian

Transaksi dalam jaringan dapat memakan waktu selama beberapa jam untuk mengonfirmasi tergantung pada lalu lintas jaringan dan jumlah dana yang dikirim. Ini karena perlunya beberapa konfirmasi dan di dunia crypto dianggap lambat. Berikut ini beberapa kelemahannya:

  • Transaksi terbatas per detik (3,3 hingga 7 transaksi per detik)
  • Risiko kehilangan dana karena aktivitas jahat
bitcoin adalah

Sejarah dan Evolusi

Jaringan BTC dibuat pada Januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto ketika ia menambang blok (Kejadian) pertama. Nakamoto diperkirakan telah mengumpulkan lebih dari 1 juta koin sebelum menghilang pada tahun 2010. Sebelum itu, ia menyerahkan kunci peringatan jaringan dan mengendalikan repositori kode kepada Gavin Andresen, yang kemudian menjadi pendiri Yayasan Bitcoin . Tidak ada yang tahu siapa Nakamoto, apakah itu sekelompok orang atau satu orang. Cryptocurrency Bitcoin terkenal karena volatilitas dan cengkeramannya yang kuat di pasar. Pada tahun 2011 dihargai $ 0,30 dan pada Desember 2017 mencapai tertinggi sepanjang masa $ 19.666.

Bitcoin Blockchain

Teknologi blockchain dari Bitcoin memungkinkannya untuk menjadi jaringan pembayaran peer-to-peer yang benar-benar terpusat. Apa yang membuat blockchain unik adalah bahwa semua transaksi disimpan dalam basis data publik, perusak-bukti yang terbuka bagi siapa saja untuk membaca tanpa mengorbankan anonimitas. Jaringan dijalankan sepenuhnya oleh pengguna, baik jenis node atau penambang, tanpa ketergantungan pihak ketiga. Kekuatan pendorong memvalidasi blok dan dengan demikian mengkonfirmasi transaksi. Algoritma hashing yang digunakan dalam Bitcoin adalah SHA256 dan protokol konsensus jaringan disebut Proof of Work. Cara kerjanya adalah bahwa untuk menerima hadiah, penambang perlu menjalankan perhitungan yang tak terhitung jumlahnya untuk menemukan jawaban teka-teki kriptografi. Kesulitan dan kondisi untuk menemukan hasil yang benar didefinisikan dalam PoW.Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan dalam Blockchain, saya membantu Anda.

Agar jaringan tetap beroperasi, pengguna yang menjalankan penambang dan mengonfirmasi transaksi perlu diberi insentif. Mereka mendapatkan sejumlah koin Bitcoin, setelah mereka menemukan blok. Jumlah yang diterima dibagi dua setiap 210.000 blok dan kesulitan jaringan meningkat dengan meningkatnya kekuatan penambang yang bekerja di dalamnya. Saat ini, mereka menerima 12,5 BTC untuk upaya mereka. Block time umumnya 10 menit dan ukuran 1MB, yang dapat diperpanjang hingga 4MB setelah adopsi SegWit.

Node Bitcoin

Node adalah bagian integral dari jaringan blockchain. Mereka menyimpan sebagian atau seluruh salinan riwayat transaksi blockchain, tergantung pada peran mereka. Semua dompet yang terhubung ke blockchain dapat dianggap sebagai simpul. Di jaringan Bitcoin ada Light node dan Full node:

  • Light Nodes – Untuk mengoperasikannya mereka mengunduh sebagian dari blockchain pada perangkat dan menjaganya tetap diperbarui. Node ringan tidak memiliki tujuan validasi
  • Full Nodes – Ini adalah yang paling penting untuk jaringan. Untuk memiliki simpul penuh pada jaringan Bitcoin, Anda harus mengunduh seluruh blockchain yang saat ini lebih dari 200GB. Node penuh juga disebut Node Validasi Penuh. Mereka adalah orang-orang yang mencapai konsensus akhir tentang validitas blok dari penambang dan dengan demikian memungkinkan dimulainya transaksi

Lightning Network Baru

Seluruh gagasan Lightning Network memperkenalkan pendekatan off-chain untuk transaksi kecil. Metode ini bisa menjadi solusi untuk masalah skalabilitas Bitcoin. Pengguna membuka saluran pembayaran di antara mereka sendiri dan dapat mentransfer dana secara bebas tanpa penambang. Transaksi disimpan dalam neraca yang ditandatangani secara teratur oleh kedua belah pihak. Setelah saluran ditutup, itu diumpankan kembali ke jaringan sebagai satu transaksi.

Keamanan jaringan Bitcoin

Masalah keamanan utama untuk jaringan Bitcoin adalah pengeluaran ganda dan serangan 51%. Sementara masalah pengeluaran ganda diselesaikan di masa lalu, 51% serangan masih memungkinkan. 

Meskipun demikian, cryptocurrency Bitcoin menawarkan keamanan besar melalui buku besar publiknya. Tidak ada cara praktis untuk mempengaruhinya secara jahat. Seperti yang disebutkan sebelumnya sepenuhnya transparan dengan tetap mempertahankan privasi identitas. Ada sistem untuk mencegah pengeluaran ganda koin atau sentralisasi.

Bitcoin adalah Masa depan Cryptocurrency

Baik atau buruk, tidak ada peta jalan resmi untuk pengembangan Bitcoin. Ini didorong oleh komunitas dan keputusan mengenai perbaikan dan pembaruan dibuat dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge