Crypto Lending

Crypto lending adalah konsep yang cukup sederhana: Peminjam dapat menggunakan aset kripto mereka sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman fiat atau stablecoin, sementara pemberi pinjaman menyediakan aset yang diperlukan untuk pinjaman dengan tingkat bunga yang disepakati. Ini juga dapat bekerja sebaliknya, di mana peminjam menggunakan fiat atau stablecoin sebagai jaminan untuk meminjam aset kripto.

Anda mungkin akan melihat bahwa tidak ada yang inovatif di sini,mereka hanya pinjaman yang diagunkan. Tetapi kredit dan pinjaman adalah primitif keuangan kuat yang membuka berbagai aplikasi dan manfaat untuk bisnis, lembaga, pedagang, dan pengguna. Selain itu, di ruang DeFi yang berkembang, primitif ini telah dibuka untuk akses pinjaman tanpa izin, terbuka, dan dapat dikompresi. Ini mengarah pada kasus penggunaan baru seperti tarif yang dioptimalkan di seluruh platform dan “pinjaman flash.”

Crypto Lending

Seberapa penting lending di market?

Ini adalah peluang besar bagi pasar dan pengguna kripto. Secara tradisional memiliki dua opsi terkait cara menggunakan kripto mereka: hodl atau trade. Dengan munculnya crypto-asset lending, utilitas aset tersebut telah meningkat secara signifikan. Investasi yang sebelumnya statis sekarang dapat menghasilkan hasil pasif untuk pemberi pinjaman. Peminjam dapat menerima fiat tanpa harus memulai penjualan atau menerima aset kripto untuk perdagangan, arbitrase atau pembuatan pasar.

Jenis lending platforms: Centralized vs. decentralized

Centralized lending platforms – Bertindak lebih seperti perusahaan fintech tradisional yang kebetulan bekerja dengan cryptocurrency,memiliki sistem kustodian untuk melindungi aset Anda, dan dapat membentuk kemitraan bisnis tradisional dengan institusi, seperti menegosiasikan perjanjian pinjaman tertentu. Platform ini cenderung menawarkan suku bunga yang ditentukan oleh perusahaan, yang sering mencakup pengembalian yang lebih tinggi untuk pemberi pinjaman aset kripto seperti Ether (ETH) dan Bitcoin (BTC).

Decentralized lending platforms – Termasuk proyek seperti Compound, Maker dan dYdX. Beroperasi sebagai protokol yang dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja tanpa KYC. Dengan pengecualian Maker, yang sistem tata kelola desentralisasinya menentukan tingkat suku bunga, decentralized platform ini memiliki tingkat suku bunga variabel yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan aset di platform.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.