Blockhain Sebagai Penyimpanan Data Digital

Blockhain terdiri dari dua gabungan kata yaitu block yang berati kelompok,dan chain yang berarti rantai. Jika tersambung, berarti blockhain adalah sebuah sistem penyimpanan data digital yang berisikan catatan yang sudah terhubung dengan kriptografi. Blockhain merupakan rantai blok yang terdiri dari data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Jenis data digital di dalamnya tergantung pada tujuannya. Hash berisikan data berupa tanda tangan atau sidik jari yang berguna untuk mengidentifikasi seluruh blok. Sedangkan hash dari blok sebelumnya adalah bagian yang mengamankan serta mengaitkan dengan seluruh blok. Blockhain memiliki manfaat untuk sektor, salah satunya untuk transaksi mata uang virtual. Blockhain membuat transaksi menjadi lebih mudah karena tidak perlu pihak yang berperan sebagai perantara.

Keunggulan Blockhain

Open Source dan Transparan

Kode pada blockhain memiliki sifat transparan. Jika ada seseorang yang membaca kode, maka orang itu dapat memverifikasi sendiri kode apa yang tertulis. Misal tingkat inflasi atau supply bitcoin, kita bisa mengetahui. Berbeda dengan mata uang umum yang kita tidak akan pernah tahu karena tidak transparan. Blockhain juga menyimpan jejak informasi dan transasi yang sistemnya terbukti aman dan transparan. Karena ketika transaksi sedang berlangsung, public access dapat terlihat oleh seluruh pihak tanpa harus login.

Bersifat Kekal

Transaksi apapun yang sudah terjadi dan memperoleh konfirmasi pada blockhain tidak akan bisa batal. Jika Anda melakukan kesalahan berupa alamat yang salah ketika transfer, maka dana akan hilang kecuali pemilik dari akun yang menerima berbaik hati mengembalikan dana.

Sulit Dihack

data digital
Blockhain aman dari hacker

Data blockhain bersifat append only, berarti hanya dapat bertambah dan tidak seorangpun bisa memperbarui. Maka, sistem blockhain sulit tembus oleh hacker. Blockhain yang baik tentu mendapat dukungan dari pihak terkait seperti penambang yang membantu mengamankan jaringan pada blockhain. Para penambang tersebut akan bersaing untuk menyelesaikan sebuah perhitungan untuk mengamankan jaringan. Jika berhasil memecahkan dengan tepat dan menciptakan blok baru untuk blockhain, maka akan mendapatkan imbalan. Maka dari itu, para penambang rela untuk membeli perangkat komputer yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge