Mengenal Istilah HODL dalam Cryptocurrency

HODL adalah kepanjangan dari Hold On For Dear Life yaitu sebuah istilah untuk menggambarkan sebuah konsistensi investor untuk tetap berinvestasi dan tidak menjualnya. HODL seakan menganjurkan investor untuk tetap mempertahankan investasinya dan tidak terpengaruh oleh tingginya harga.

Seorang trader akan melakukan pembelian ketika harga sedang uptrend, dan melakukan penjualan ketika downtrend. Tetapi ada juga trader yang melakukan pembelian, lalu harganya turun drastis. Hal itu yang membuat trader bingung dan dianggap sebagai kerugian bagi pemula yang belum banyak pengalamannya. Biasanya, mereka akan melakukan cut loss untuk meminimalisir kerugian. Tetapi, seorang Bitcoiner akan mempertahankan asetnya karena yakin harganya akan naik. Itulah mengapa istilah HODL menjadi pedoman bagi para pemegang cryptocurrency.

Sebenarnya, HODL adalah ejaan yang salah dari kata HOLD. Berawal dari salah satu pengguna forum Bitcoin bernama GameKyuubi yang keliru ketika menuliskan kata hold. Dia mengunggah kekeliruan tersebut saat jatuhnya harga bitcoin pada akhir tahun 2013. Sejak saat itu, HODL menjadi terkenal di ruang lingkup cryptocurrency. Pada tahun 2017, kata itu ada sebagai salah satu istilah Bitcoin beserta dengan penjelasannya.

Keuntungan dalam Strategi HODL

Memiliki Keyakinan

Ketika memilih untuk menjadi seorang HODLer, Anda harus memiliki keyakinan yang besar karena akan sering muncul godaan yang akan menjadi tantangn  Anda. Jika tidak memiliki keyakinan, maka Anda tidak akan konsisten di dalam cryptocurrency. Jangan lupa, jika Ada melakukan HODL, percayalah suatu saat harganya akan bisa lebih tinggi.

Mengendalikan Emosi

Investasi ini tidak hanya bermodalkan nafsu sesaat demi memperoleh keuntungan yang besar. Tetapi, Anda harus bisa mengendalikan emosi, mengontrol diri untuk menunggu waktu yang tepat demi sebuah keuntungan yang besar dan tidak terbawa emosi menjual rugi karena khawatir harganya akan semakin turun drastis.

Ilmu Baru

Ilmu mengenai cryptocurrency tidak dipelajari di sekolah. Jadi, tidak semua orang memiliki pengetahuan tentang cara kerja uang. cryptocurrency adalah hal yang baru muncul beberapa tahun belakangan. Maka, akan banyak peminat yang termotivasi untuk mencari tahu dan mempelajari hal-hal baru mengenai cryptocurrency.

Visi Jangka Panjang

Cryptocurrency bukan sistem yang membuat Anda menjadi kaya dengan cepat. Namun, cryptocurrency adalah sistem yang membuat Anda terbebas dari sistem fiat money. Maka, di dalam HODL ada strategi paling mudah yaitu membeli dan menyimban baik-baik Bitcon sampai potensinya terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.