Jenis-Jenis Investasi

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengelola keuangan agar memperoleh pendapatan lebih banyak dari sebelumnya. Banyak orang yang menyadari betapa pentingnya melakukannya sejak dini. Terutama di kalangan milenial yang semakin sadar bahwa menanam dana adalah hal yang bermanfaat. Tetapi mungkin tidak semua orang akan tertarik. Hal ini dikarenakan pemahaman masyarakat tentang manfaat investasi untuk keuangan di masa depan masih kurang. Padahal, menabung saja tidak akan cukup. Perlu investasi agar nilai dari aset-aset yang Anda miliki bisa bertumbuh tanpa khawatir tergerus oleh inflasi. 

Investasi yang bisa juga disebut dengan penanaman modal untuk memperoleh imbal hasil memiliki banyak jenis. Setiap jenis instrumen penanaman modal memiliki manfaat masing-masing. Selain itu, masing-masing jenisnya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Investasi

Namun, sebelum investasi saham, Anda perlu ketahui hal-hal dasar seputar investasi saham. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengerti keuntungan hingga risiko dari investasi saham sehingga Anda mampu memaksimalkan keuntungan investasi. 

Jenis-jenis investasi saat ini semakin beragam, mengingat perkembangan dunia yang semakin pesat. Perkembangan dunia investasi juga tidak kalah pesat. Dengan maraknya instrumen yang bisa dipilih, Anda bisa memulai dengan jenis instrumen yang mudah dan sesuai untuk pemula. Berikut adalah beberapa jenis instrumen investasi yang bisa dipilih untuk pemula:

Logam Mulia atau Emas

Emas atau logam mulia adalah salah satu bentuk investasi yang sudah ada sejak lama. Harga emas cenderung lebih stabil sehingga mudah mengatur kondisi investasi emas dibandingkan instrumen lain. Selain itu, risiko yang diperoleh dari kepemilikan emas tidak terlalu tinggi. Logam mulia juga masih memiliki nilai yang bagus dalam jangka panjang. Maka itu, logam mulia menjadi pilihan yang sangat cocok untuk pemula.

Reksa Dana

Reksa Dana adalah instrumen investasi yang menghimpun dana dari para investor untuk ditempatkan dalam portofolio efek oleh perusahaan asset manajemen tertentu. Saat ini Anda bisa melakukan pembelian dan pencairan reksa dana secara online. Jika Anda ingin membeli reksa dana, pastikan platform yang Anda gunakan aman dan terpercaya. Pastikan juga Anda mengetahui seluk beluk reksa dana yang Anda pilih agar Anda tidak mengalami kerugian.

Valas atau Valuta Asing

Valas atau valuta asing adalah mata uang satu negara yang berbeda dengan mata uang negara pemilik. Invest valuta asing biasanya dilakukan dengan melakukan pertukaran antara mata uang satu negara dengan mata uang negara lain untuk memperoleh imbal hasil.

Bentuk transaksi ini juga disebut dengan foreign exchange atau forex. Valas memiliki risiko tinggi karena fluktuasi mata uang negara lain dapat berubah-ubah. Jika Anda menentukan untuk menyimpan valas, ada baiknya memiliki mata uang memiliki tingkat stabilitas yang tinggi.

Saham

Saham merupakan salah satu yang juga memiliki risiko tinggi. Untuk menyimpan saham, Anda harus paham seluk beluk saham, informasi terkait perkembangan bisnis serta kondisi keuangan perusahaan yang Anda beli sahamnya. Jika Anda pemula, Anda bisa dibantu dengan seorang broker untuk membaca pasar saham dan menentukan instrumen yang tepat.

Properti

Menanam modal pada aset properti juga memiliki keuntungan yang tinggi dan bisa dilakukan dalam jangka waktu lama. Kendati demikian, properti juga memiliki risiko tersendiri, seperti biaya perawatan yang setiap tahun semakin naik dan persaingan yang ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.