Mengenal Annual Report

Annual report atau laporan tahunan adalah laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah perusahaan dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan dasar dalam penyusunan laporan tahunan. Setiap tahunnya, perusahaan akan membuat annual report dan menerbitkan nya untuk dibaca masyarakat umum maupun stakeholder untuk mengabarkan perkembangan dan pencapaian perusahaan dalam satu tahun. Dalam laporan tersebut terdapat data dan informasi valid mengenai perkembangan dan perusahaan dalam bentuk infografis dan visualisasi yang menarik sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. 

Annual Report

Laporan tahunan sangat penting bagi perusahaan. Sebab, laporan ini memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

1. Penilaian Terhadap Performa Penjualan

Penyusunan laporan satu ini yang kemudian dipublikasikan memiliki fungsi sebagai media penilaian perusahaan oleh perusahaan itu sendiri maupun publik. Sehingga dengan menyusunnya, pihak internal bisa mengetahui hasil dari kerja keras selama setahun. Sedangkan untuk publik bisa menilai seberapa menguntungkannya berinvestasi atau membeli produk dan layanan yang disediakan perusahaan tersebut.

2. Menjadi Sarana Mendapatkan Kepercayaan Publik

Penyusunan laporan tahunan secara baik dan benar sekaligus kreatif dan menarik. Tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan publik, apalagi jika laporan tersebut memang membuktikan kondisi perusahaan benar-benar bagus.

3. Media untuk Menjelaskan Deskripsi Perusahaan

Perlu diakui pula bahwa laporan satu ini juga bisa menjadi media  bagi perusahaan untuk melakukan promosi. Baik itu untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik maupun apa yang disediakan kepada publik. Baik berupa barang maupun jasa, sehingga isi didalamnya benar-benar mendeskripsikan perusahaan secara detail.

4. Memberi Informasi kepada Publik Tentang Prestasi Perusahaan

Semua perusahaan dijamin ingin memamerkan semua prestasi yang telah diraih kepada publik. Misalnya penghargaan dari organisasi tertentu mengenai kualitas layanan, performa kerja, dan lain sebagainya. Informasi ini akan dicantumkan di dalam laporan tersebut, yang menjadikannya sebagai media untuk memberitahu publik tentang prestasi perusahaan sehingga bisa mendapat kepercayaan.

Ciri – Ciri Laporan Keuangan

Ada Empat Ciri Utama Dalam Menyusun Laporan Keuangan:

  1. Dapat dipahami: pengguna harus dapat memahami laporan keuangan beserta bentuk, tulisan dan istilahnya.
  2. Relevan: laporan keuangan haruslah menyajikan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.
  3. Keandalan: informasi dalam laporan kehindaran terbebas dari kesalahan-kesalahan material.
  4. Dapat diperbandingkan: laporan keuangan dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.