Resiko Bermain Saham

Saat ini banyak orang melirik investasi saham, investasi saham merupakan investasi yang cukup dibilang high risk atau beresiko tinggi , sebanding dengan resiko yang cukup tinggi sehingga Anda harus benar – benar paham apa itu saham dan mengetahui trik nya dengan sangat teliti agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar nantinya.

Meskipun menjanjikan keuntungan yang cukup besar, saham merupakan jenis investasi yang cukup beresiko. Pada dasarnya, permaianan saham seperti ini memang penuh dengan intrik.

Resiko Saham

Bahkan seringkali seseorang yang sebenarnya sudah memiliki track record yang tinggi berinvestasi saham pun bisa mencatat hasil investasi yang kurang begitu baik. Bahkan banyak pula yang justru malah rugi.

Selain mempunyai manfaat dan keuntungan, sama dengan usaha di bidang lain, tentunya saham juga mempunyai resiko dan kekurangan seperti ini :

Capital Loss

Kebalikan dari capital gain, maka ada capital loss yang merupakan situasi ketika harga saham di bursa efek lebih rendah daripada harga saat membelinya.

Kerugian ini bisa berdampak besar, terlebih lagi jika situasi tidak cepat kembali stabil atau terpuruh yang membuat nilai saham semakin anjlok.

Suspend

Dari capital loss yang berlanjut dan tidak teratasi, jika harga saham perusahaan terus merosot. Maka bursa efek secara otomatis menjatuhkan suspend dalam jangak waktu tertentu sampai harga kembali stabil dan normal. Hal ini dilakukan agar para investor tidak mengalami kerugian lebih dalam lagi . Dampak akhirnya investor tidak bisa melakukan aktivitas saham apa pun selama masih di dalam waktu suspend.

Tempat perdagangan saham

Ara alternatif lain selain tempat resmi membeli saham di Indonesia adalah IDX (Indonesia Stock Exchange). Anda juga dapat membeli saham di Nasdaq Stock Market (Amerika Serikat), NYSE (New York Stock Exchange). Sementara di Eropa SEAQ (Stock Exchange Automated Quatations (London, Inggris), Euronext (merupakan merger pasar saham antara negara Perancis, Belanda dan Bulgaria). Di Asia Anda dapat menggunakan TSE (Tokyo Stock Exchange) Jepang, SGX (Singapore Exchange). Artinya di belahan dunia manapun, sesuai dengan preferensi saham Anda, perdagangan tetap bisa Anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.