Jenis-Jenis dan Keuntungan Stablecoin

Stablecoin dapat diartikan “koin yang stabil” yaitu mata uang yang pergerakan harganya stabil di masyarakat, karena tidak dipengaruhi oleh jumlah permintaan dan penawaran dari masyarakat. Jenis mata uang ini tergolong baru, sehigga belum banyak yang dibicarakan seperti bitcoin, ethereum, dan yang lainnya.

Keuntungan Stablecoin

Jenis-Jenis Stablecoin

Fiat-Collaterized Stablecoin

Fiat-collaterized adalah stablecoin yang palung umum digunakan karena memberikan jaminan serta dukungan dari mata uang fiat seperi dolar dan euro. Mata uang jenis fiat memiliki rasio 1:1. Jadi, setiap stablecoin akan ada mata uang yang disimpan di bank sebagai pendukung. Saat ini, stablecoin yang populer adalah USDT.

Commodity-Collaterized Stablecoin

Commodity-collaterized memiliki aset berharga yang menjadi pendukung, contohnya logam mulia. Berarti, pemilik stablecoin jenis commodity-collaterized memegang aset serta nilai yang nyata.

Crypto-Collaterized Stablecoin

Crypto-collaterized adalah jenis stablecoin yang terdesentralisasi karena semua akitivitasnya dilakukan di blockhain. Maka dari itu, jenis ini memiliki proses yang lebih aman dan transparan. Crypto-collaterized didukung oleh jenis cryptocurrency lainnya, sehingga jika nilai suatu mata uang menurun, stablecoin tidak akan terkena dampaknya karena akan di-backup oleh yang lainnya.

Non-Collaterized Stablecoin

Non-collaterized adalah jenis stablecoin yang tidak mendapatkan dukungan dari apa pun. Jenis ini adalah yang paling terdesentralisasi karena tidak ada jaminan aset. Maka, jika aset yang ada telah tumbang, stablecoin tetap stabil.

Keuntungan Stablecoin

Harga Stabil

Harga yang cenderung stabil menjadi keuntungan utama dari stablecoin yang membuat banyak orang tertarik, karena dipandang aman untuk kebutuhan finansial dalam jangka panjang.

Tanpa Jaminan

Karena seluruh proses transaksi dilakukan secara online, stablecoin tidak ada tambahan jaminan apapun. Jumlah koin stablecoin dibuat menggunakan sistem alogaritma pada komputer khusus secara otomatis. Maka, stablecoin bersifat desentralisasi dan dapat dibeli kapan saja.

Keuntungan Tinggi

Harga stablecoin menyesuaikan aset investasi populer, sehingga dapat menjanjikan keuntungan yang tinggi. Aset investasi yang dimaksud seperti emas, mata uang, dan komoditas lainnya.

Keamanan Terjamin

Melakukan transaksi stablecoin akan terjamin keamanannya, karena biasanya proses transaksi stablecoin berlangsung dengan cepat, praktis, dan dijaga mekanisme keamanan blockhain yang aman sehingga tidak dapat diretas.

Didukung Sistem Uang Fiat

Stablecoin dikenal memiliki kaitan dengan uang fiat atau didukung oleh mata uang lainnya. Keterkaitan dan dukungan itulah yang menjadikan harga stablecoin tetap stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.