Fitur dan Keunggulan Pasar Spot

Pasar spot bisa juga disebut dengan pasar barang / pasar valas yang transaksinya dilakukan dengan transaksi spot atau transaksi di tempat. Selain itu, pasar spot juga bisa disebut dengan pasar fisik atau pasar tunai karena perdagangannya langsung ditukar dengan aset yang dituju. Pasar spot biasanya digunakan untuk pembelian dan penjualan  mata uang, komoditas, sekuritas, dan yang lainnya. 

Fitur

  • Transaksi spot market biasanya dilakukan melalui bursa. Penjual dan pembeli berkumpul untuk melakukan perdagangan instrumen keuangan. Sekuritas dan komoditas yang diperdagangkan di bursa dapat memengaruhi harga pasar.
  • Selain bursa, transaksi spot market juga dapat dilakukan Over The Counter (OTC). Perdagangan langsung antara penjual dan pembeli  yang didasarkan pada persetujuan yang dibuat antara dua pihak yang persetujuannya juga disepakati oleh kedua belah pihak.
  • Pengiriman aset berlangsung segera setelah transaksi. biasanya memerlukan dua hari kerja. Untuk komoditas membutuhkan sekitar tujuh hari kerja.
  • Harga spot berdasarkan harga aktual ketika transaksi selesai dilakukan, dan tidak berlaku untuk keesokan harinya karena bisa berubah.

Contoh

Pasar Valuta Asing (Forex)

Pasar valas adalah pasar keuangan paling besar di dunia. Transaksi perhari dapat menyentuh angka triliun dolar. Pelaku pasar adalah bank komersial dan dealer sekuritas besar yang transaksinya dapat diselesaikan selama dua hari setelah kesepakatan dibuat.

Pasar Komoditas

Pasar komoditas menyajikan transaksi produk-produk pertanian dan pertambangan seperti kopim teh, biji-bijian, minyak, emas, dan yang lainnya. Produk-produk tersebut harus memenuhi standar spesifik untuk kemudian diperdagangkan.

Pasar Saham

Pasar saham berlangsung di bursa di mana penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Yang diperdagangkan di situ dapat menimbulkan kemungkinan terjadinya perubahan harga.

Keunggulan

Pasar Spot
di dalam perdagangan pasar spot, terdapat kesepakatan antara penjual dan pembeli sebelum dilakukannya transaksi
  1. Perdagangan dilakukan secara fleksibel. Selain itu, penjual dan pembeli dapat menahan item sampai kesepakatan berhasil dibuat dengan baik dan dengan persetujuan keduanya
  2. Pasar spot hanya membutuhkan modal yang lebih sedikit
  3. Harga dalam pasar spot lebih transparan. Harga kemarin bisa digunakan untuk transaksi saat ini, tapi tidak dapa digunakan untuk transaksi esok hari
  4. Pengiriman item berlangsung dalam waktu singkat setelah transaksi selesai dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.