Exchange Bitkub

Exchange Bitkub adalah pertukaran mata uang kripto yang berbasis di Thailand, dioperasikan oleh Bitkub Online Co., Ltd. (Thai: ) di bawah grup induknya Bitkub Capital Group Holdings (Bitkub Capital Co., Ltd.). Didirikan pada tahun 2018 oleh Jirayut Srupsrisopa, dan merupakan salah satu bursa pertama yang menerima lisensi aset digital dari Komisi Sekuritas dan Bursa negara tersebut, pada tahun 2019. Ini mengklaim sebagai pertukaran mata uang kripto terbesar di negara ini, dengan pangsa 90% transaksi kripto berdasarkan data 2021 dari bursa yang diatur. Pada November 2021, Siam Commercial Bank Group mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi 51 persen saham di perusahaan tersebut senilai 17,85 miliar baht (US$537 juta), dengan nilai perusahaan lebih dari $1 miliar dan menjadikannya salah satu perusahaan rintisan unicorn pertama di Thailand.

Sejarah Exchange Bitkub

Jirayut Srupsrisopa, salah satu pendiri utama Bitkub dan CEO Bitkub Capital, adalah salah satu pengusaha teknologi pertama di Thailand yang memasuki bisnis cryptocurrency. Dia sebelumnya mendirikan operator dompet Bitcoin Coins.co.th (mitra Coins.ph yang berbasis di Filipina, yang diakuisisi oleh Go-Jek pada 2019, sebelum pergi untuk mengumpulkan dana untuk Bitkub, yang didirikan pada Februari 2018). dengan modal terdaftar 50 juta baht, didukung terutama oleh operator seluler DTAC. Pada akhir tahun, itu telah menjadi pertukaran mata uang digital terbesar kedua di Thailand, setelah BX.in.th. Itu adalah salah satu dari empat pertukaran pertama yang mendapatkan izin operasional dari Securities and Exchange Commission (SEC), pada Januari 2019, ketika Kementerian Keuangan mulai mengatur layanan aset digital.

Perusahaan melaporkan pertumbuhan pendapatan yang cepat, dari 3 juta baht pada 2018 menjadi 30 juta dan 300 juta selama dua tahun ke depan dan 3,28 miliar selama tiga kuartal pertama tahun 2021. Ini diuntungkan dari penutupan mendadak BX.in.th pada 2019 , dan serbuan ke perdagangan mata uang kripto karena harga Bitcoin melonjak dari akhir tahun 2020, tetapi lonjakan aktivitas membuat sistemnya kewalahan, menyebabkan banyak crash pada Januari 2021, mendorong pertukaran untuk penutupan sementara; SEC memerintahkan perbaikan masalah. SEC juga memerintahkan penangguhan pendaftaran pengguna baru sampai perusahaan dapat menunjukkan ketahanan sistemnya, yang dicabut pada bulan April. Pada bulan Mei, perusahaan memperkenalkan cryptocurrency sendiri, Bitkub Coin (KUB).

Exchange Bitkub

Pada November 2021, Siam Commercial Bank Group mengumumkan kesepakatan akuisisi di mana mereka akan (menunggu persetujuan regulator) mengakuisisi 51 persen saham Bitkub Online seharga 17,85 miliar baht ($ 535 juta), menempatkan penilaian totalnya lebih dari $ 1 miliar dan menjadikannya salah satu perusahaan rintisan unicorn pertama di Thailand. Langkah ini telah dilihat sebagai bagian dari tren bank yang berkembang lebih jauh ke dalam teknologi keuangan karena bisnis tradisional mereka ditantang oleh gangguan teknologi. Perusahaan telah mengumumkan rencana untuk ekspansi internasional di Asia Tenggara.

Itu didenda total 3,9 juta baht untuk delapan pelanggaran termasuk pemadaman dan gangguan sistem, melanggar aturan perdagangan, dukungan pelanggan yang tidak memadai, pengawasan pasar yang tidak memadai, penyimpanan aset pelanggan yang tidak tepat, dan sistem kepatuhan yang tidak tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.