Dollar Cost Averaging (DCA)

Dollar Cost Averaging (DCA) adalah teknik investasi yang memungkinkan investor untuk membeli aset dalam jumlah dolar tetap secara teratur. Ini didasarkan pada prinsip bahwa dengan rata-rata pembelian seseorang dari waktu ke waktu, terlepas dari naik turunnya pasar, seseorang dapat membatasi kerugian dan memaksimalkan keuntungan. DCA adalah strategi yang sering digunakan oleh investor jangka panjang yang percaya bahwa aset tertentu memiliki nilai fundamental untuk diapresiasi pada harga dari waktu ke waktu. Seorang investor DCA tidak mencoba untuk menangkap bagian atas atau bawah dari kenaikan atau penurunan pasar melainkan mengambil keuntungan dari tren kenaikan jangka panjang secara umum.

Namun, ada satu perbedaan utama antara Dollar Cost Averaging dan investasi tradisional: Dalam investasi tradisional, investor memutuskan kapan harus membeli dan kapan harus menjual. Meskipun Dollar Cost Averaging bukanlah strategi yang mudah berubah, ini termasuk dalam kategori investasi “beli dan tahan”. Menggabungkan perbedaan itu, ketika Dollar Cost Averaging sejumlah besar uang dari waktu ke waktu, investor membeli aset dengan harga yang sama dengan yang dicapai aset berharga lima tahun lalu. Jika jenis investasi ini dikelola oleh individu yang memiliki akses ke alat keuangan konservatif, seperti kartu kredit atau kartu debit dan deposito berjangka, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun portofolio yang cukup besar dari waktu ke waktu. Bawa perdagangan Anda ke level selanjutnya dengan gerakan bitcoin.

Bagaimana Cara Menggunakan Dollar Cost Averaging Di Crypto?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa bitcoin secara historis telah tumbuh nilainya dari waktu ke waktu dan itu bisa menjadi investasi yang bagus. Salah satu kelemahan membeli bitcoin adalah harga yang tidak dapat diprediksi. Tidak seperti saham, yang sering membayar dividen dan merilis laporan pendapatan, tidak ada jaminan pengembalian crypto. Itulah mengapa Dollar Cost Averagingterbukti lebih menguntungkan daripada strategi yang lebih berisiko seperti menginvestasikan sekaligus atau mencoba “menangkap bagian bawah” dari penurunan harga dengan bersiap untuk membeli pada setiap penurunan nilai.

Dollar Cost Averaging dapat digunakan untuk membeli koin atau token tertentu yang Anda yakini. Seringkali, koin atau token tersedia dalam jumlah kecil dengan bonus untuk investor awal. Bagi mereka yang ingin membeli cryptocurrency secara teratur, maka ada cara agar Anda dapat menghabiskan rata-rata dolar dengan cara Anda ke crypto. Metode pilihan mungkin membeli melalui metode Dollar Cost Averaging.

Dollar Cost Averaging (DCA)

Apa itu pembelian Dollar Cost Averaging (DCA) ?

Pembelian DCA berarti Anda melakukan investasi reguler ke mata uang kripto sesuai jadwal. Setelah Anda menetapkan strategi investasi dan memilih sejumlah uang untuk diinvestasikan, Anda membagi jumlah itu dengan berapa kali Anda berencana untuk berinvestasi. Harga rata-rata investasi turun di awal, tetapi pada akhirnya, nilainya naik kurang dari persentase daripada jika Anda menginvestasikan jumlah penuh sekaligus atau membeli beberapa pembelian token kembali ketika masing-masing tersedia dengan harga kurang dari yang Anda beli hari ini.

Apakah Dollar Cost Averaging (DCA) adalah ide yang bagus?

Investasi DCA bisa menguntungkan, tetapi juga disertai dengan risikonya sendiri. Anda harus memperhatikan pasar crypto dan meneliti koin dan token Anda, terutama jika Anda berencana untuk menginvestasikan sejumlah besar uang. Pastikan bahwa Anda menyadari apa investasi Anda dan tidak layak sebelum berinvestasi. Namun, meskipun harga turun dalam jangka pendek, bukan berarti tidak akan naik lagi di masa mendatang. Ada juga banyak hal yang mempengaruhi harga cryptocurrency jangka pendek dan jangka panjang, termasuk peraturan pemerintah, pengumuman besar dari perusahaan yang membentuk industri, dan kejenuhan pasar.

Seberapa sering Anda harus berinvestasi dalam Dollar Cost Averaging?

Investasi paling menguntungkan ketika Anda dapat memasukkan jumlah investasi yang sama selama beberapa bulan atau setahun. Ada beberapa yang akan menginvestasikan jumlah kecil pada jadwal yang tidak teratur dan yang lain akan menginvestasikan jumlah yang lebih besar sekaligus, tetapi dengan metode apa pun, Anda harus memanfaatkan penurunan nilai jika Anda berencana untuk mengakumulasi jumlah besar dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin mulai berinvestasi 10 menit yang lalu, belilah koin sebanyak mungkin sebelum menjadi mahal lagi.

Kesimpulan:

Metode dollar-cost averaging memang bisa menguntungkan, namun Anda harus siap memperhatikan pasar. Teliti koin dan token apa pun yang Anda rencanakan untuk diinvestasikan dan pastikan bahwa investasi Anda sepadan dengan harga yang Anda bayar untuk itu. Awasi dan periksa kembali sering. Anda mungkin menemukan bahwa token atau koin tidak memiliki nilai seperti yang Anda kira atau bahwa harganya sedang dalam tren naik dalam jangka panjang.

Ide sederhana yang mungkin tidak dipertimbangkan oleh banyak investor adalah Anda dapat membeli lebih banyak koin atau token dengan biaya lebih rendah dengan jumlah dolar yang sama dengan yang Anda investasikan sebelumnya. Itu karena ketika investasi Anda menjadi berharga dari waktu ke waktu, Anda akan membayar lebih sedikit untuk koin dan token Anda daripada jika Anda membelinya sekaligus. DCA bisa menjadi cara yang bagus untuk menumbuhkan portofolio crypto Anda dalam jangka panjang, tetapi itu hanya berfungsi jika Anda sadar berapa banyak uang yang keluar setiap bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.