Fibonacci Retracement adalah Senjata Antisipasi Arah Harga

Fibonacci retracement adalah penarikan garis fibonacci berdasarkan titik tertinggi dan titik terendah yang muncul sebelumnya. Metode ini merupakan salah satu metode memperkirakan harga yang paling akurat. Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa pergerakan harga, naik dan turun berada di titik-titik fibonacci. Metode ini merupakan salah satu alat analisa teknikal (technical analysis)

fibonacci retracement adalah
Titik awal, titik tertinggi, dan garis-garis diantaranya

Cara Penarikan Fibonacci Retracement

Pada dasarnya menarik garis fibonacci, atau Fibonacci Retracement adalah bisa dilakukan dengan menarik titik tertinggi dan titik terbawah. Lalu diantara titik tertinggi dan terbawah, ada beberapa garis fibo antara 0-100:

  • 0.0
  • 23.6
  • 38.2
  • 50.0
  • 61.8
  • 76.4
  • 100.0.

Dalam gambar di atas ditunjukkan dalam warna-warna sebagaimana disebut pada angka. Pink misalnya, range antara 0-23.6, kuning antara 23.6 dan 38.2 dan seterusnya. Lalu apa gunanya garis-garis tersebut?

Garis itu menunjukkan titik di mana akan ada pembalikan (reversal) atau koreksi. Misalnya dari titik 0, harga bergerak ke atas, maka biasanya di garis 23.6 akan terjadi koreksi. Entah koreksi tersebut untuk turun sebentar baru ke atas, atau memang terjadi pembalikan.

Menurut pengalaman penulis, titik 23.6 dan 38.2 seringkali dilewati. Jika terjadi pembalikan pun tidak lama, dan melanjutkan trend. Lalu di titik 50 atau tengah-tengah fibo, biasa terjadi pembalikan harga.

Setelah kita tahu titik-titik pembalikan berdasarkan garis fibo, kita menggunakannya untuk rencana perdagangan. Misal harga bergerak naik, dan Anda pasang di fibo 23.6 maka Anda bisa rencana untuk lepas di garis 61.8 atau 76.4. Begitu juga jika harga masih ditengah-tengah garis fibo, maka sebaiknya masuk beli atau jual saat harga mendekati garis fibo.

Kelemahan Fibonacci Retracement

Meskipun kita memiliki garis fibonacci sebagai titik support (titik bawah untuk pembalikan harga) dan Resistance (titik atas pembalikan harga), namun seringkali perhitungan kita meleset. Pada saat harga mendekati garis 50.0 misalnya, meskipun sering kali terjadi pembalikan harga, namun sering juga terjadi harga bergerak terus mengikuti trend sebelumnya.

Jadi dalam menentukan titip support dan resistance dengan garis fibo ini, tetap harus diawasi dan disesuaikan jika arah harga tidak sesuai dengan yang kita perkirakan.

1 Komentar

  1. Fibo hanya bermanfaat dalam memperkirakan harga jangka pendek. Untuk jangka panjang dibutuhkan penarikan garis support dan resisten dengan timeframe yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge