Elliott Wave

Elliott Wave adalah teori dalam analisis teknis yang digunakan untuk menggambarkan pergerakan harga di pasar keuangan. Teori ini dikembangkan oleh Ralph Nelson Elliott setelah dia mengamati dan mengidentifikasi pola gelombang fraktal yang berulang. Gelombang dapat diidentifikasi dalam pergerakan harga saham dan perilaku konsumen. Investor yang mencoba mengambil untung dari tren pasar dapat digambarkan seperti mengendarai gelombang. Gerakan besar dan kuat oleh pemilik rumah untuk mengganti hipotek mereka yang ada dengan hipotek baru yang memiliki persyaratan lebih baik disebut gelombang refinancing.

Memahami Elliott Wave

Elliott Wave dikembangkan oleh Ralph Nelson Elliott pada tahun 1930-an. Setelah dipaksa pensiun karena sakit, Elliott membutuhkan sesuatu untuk mengisi waktunya dan mulai mempelajari grafik tahunan, bulanan, mingguan, harian, dan 30 menit yang dibuat sendiri selama 75 tahun di berbagai indeks.

Teori ini menjadi terkenal pada tahun 1935 ketika Elliott membuat prediksi luar biasa dari dasar pasar saham. Sejak itu menjadi bahan pokok bagi ribuan manajer portofolio, pedagang, dan investor swasta.

Elliott menjelaskan aturan khusus yang mengatur bagaimana mengidentifikasi, memprediksi, dan memanfaatkan pola gelombang ini. Buku-buku, artikel-artikel, dan surat-surat ini tercakup dalam R.N. Elliott’s Masterworks, yang diterbitkan pada tahun 1994. Elliott Wave International adalah firma analisis keuangan dan peramalan pasar independen terbesar di dunia yang analisis dan peramalannya didasarkan pada model Elliott.

Dia berhati-hati untuk mencatat bahwa pola ini tidak memberikan kepastian apa pun tentang pergerakan harga di masa depan, melainkan, berfungsi dalam membantu mengatur probabilitas aksi pasar di masa depan. Mereka dapat digunakan bersama dengan bentuk analisis teknis lainnya, termasuk indikator teknis, untuk mengidentifikasi peluang tertentu. Trader mungkin memiliki interpretasi yang berbeda dari struktur Elliott Wave pasar pada waktu tertentu.

Elliott Wave

Cara Kerja Elliot Wave

Beberapa analis teknikal mencoba mengambil untung dari pola gelombang di pasar saham dengan menggunakan Elliott Wave. Hipotesis ini mengatakan bahwa pergerakan harga saham dapat diprediksi karena bergerak dalam pola naik turun yang berulang yang disebut gelombang yang diciptakan oleh psikologi atau sentimen investor.

Teori ini mengidentifikasi dua jenis gelombang yang berbeda: gelombang motif (juga dikenal sebagai gelombang impuls) dan gelombang korektif. Ini subjektif, artinya tidak semua pedagang menafsirkan teori dengan cara yang sama atau setuju bahwa itu adalah strategi perdagangan yang sukses.

Tidak seperti kebanyakan formasi harga lainnya, seluruh ide analisis gelombang itu sendiri tidak sama dengan formasi cetak biru biasa di mana Anda cukup mengikuti instruksi. Analisis gelombang menawarkan wawasan tentang dinamika tren dan membantu Anda memahami pergerakan harga dengan cara yang jauh lebih dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.