Bitmex

BitMEX, Tawarkan Leverage 100x

Broker yang berdiri di tahun 2014 ini merupakan broker pertama yang menawarkan leverage hingga 100x. Meskipun Bitmex menyangkal bahwa hasil likuidasi mereka memberikan keuntungan bagi Bitmex, namun Nouriel Roubini memperkirakan bahwa Bitmex untung besar dari likuidasi dan menuduhnya sebagai praktek pencucian uang.

Bitmex merupakan perusahaan broker dari Inggris yang didirikan oleh tiga orang. Mereka adalah Arthur Hayes, Ben Delo dan Samuel Reed. Produknya yang paling terkenal adalah perpetual contract. Jika Anda membeli Bitcoin dan memperoleh keuntungan jika harga naik, maka dengan perpetual contract Anda juga bisa memperoleh keuntungan jika harga turun. Bagaimana bisa?

Perpetual Contract

Perpetual contract atau kontrak berjangka adalah produk yang memungkinkan Anda membuat kontrak terhadap orang lain dengan memberi nilai (entah lebih besar atau lebih tinggi) dalam jangka waktu tertentu. Misalnya harga Bitcoin sekarang $6,000 lalu Anda menawarkan kontrak bahwa 10 hari ke depan harga Bitcoin adalah $3,500. Lalu seseorang, sebut saja Fulan, membeli kontrak Anda. Jika 10 hari ke depan harga Bitcoin benar 3500 maka Fulan rugi $2,500, dan Anda untung. Namun jika harga Bitcoin naik menjadi $10,000 Anda rugi dan Fulan yang untung.

Bitmex
Foto: Janeb13/Pixabay

Pada platform Bitmex, kontrak di atas dapat dilakukan secara real time atau langsung. Dan bagusnya, Anda dapat memutuskan kontrak itu kapan saja, tanpa harus menunggu 10 hari. Jadi jika harga bergerak naik, Anda dapat menjual kontrak tersebut misal di angka $6,500. Dan pembelinya tidak harus Fulan, karena Fulan juga bisa menunggu saat ada orang lain menjual kontrak seharga $10,000.

Jika Anda menunggu harga turun kembali ke $3,500 namun tidak kunjung sampai, malah tambah naik, maka modal Anda bisa dilikuidasi. Ini tergantung berapa jumlah jarak antara perkiraan Anda dengan kenaikannya. Di sini polemik terjadi, karena menurut Noriel Roubini, Bitmex memperoleh untung dari hasil liquidasi ini, dan bahkan skema ini digunakan untuk pencucian uang. Namun Hayes, salah satu pendiri BitMEX membantahnya. Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge