Rune Christensen

Rune Christensen adalah pendiri MakerDAO dan CEO Maker Foundation, keduanya merupakan elemen kunci dalam ekosistem pembuat protokol keuangan terdesentralisasi. Sebelum terjun ke dunia crypto, ia mendirikan sebuah bisnis yang merekrut orang Barat untuk mengajar bahasa Inggris di China, yang terus ia kelola saat belajar di University of Copenhagen dan Copenhagen Business School. Setelah menemukan Bitcoin pada tahun 2011, ia akhirnya menjual bisnisnya untuk diinvestasikan dalam aset. Tetapi ketika Mt. Gox diretas dan runtuh pada tahun 2014, Christensen menjadi tertarik dengan ide stablecoin.

Pada tahun 2015, Christensen meluncurkan MakerDAO sebagai cara untuk memberikan kemampuan kepada semua orang di dunia untuk berpartisipasi dalam sistem keuangan yang lebih baik dan lebih transparan. Sejak itu, Maker telah berkembang dari salah satu protokol pertama di Ethereum menjadi salah satu yang terbesar.

Rune Christensen 2020:

Christensen memiliki awal yang sulit untuk tahun 2020, karena Maker menderita kerugian besar setelah jatuhnya pasar “Black Thursday” pada bulan Maret di mana harga Ether — pada saat aset utama yang berfungsi sebagai jaminan untuk stablecoin Dai milik Maker — menurun secara signifikan, menghasilkan jutaan dolar. senilai likuidasi. MakerDAO kemudian meluncurkan kembali Dai sebagai stablecoin multicollatoral dan melakukan pelelangan utang untuk rekapitalisasi.

Pada bulan April, Yayasan Maker mengumumkan akan bubar, secara bertahap menyerahkan kendali penuh kepada MakerDAO dan komunitas Maker selama beberapa tahun ke depan. Christensen, pada bagiannya, mengatakan bahwa dia menyambut hari di mana dia tidak lagi dibutuhkan.

Saat “musim panas DeFi” mulai memanas, Maker dengan cepat pulih dari kerugiannya di bulan Maret dan membuat sejarah di bulan Juli sebagai protokol DeFi pertama yang mencapai $1 miliar dalam nilai total terkunci. Sementara itu, Dai juga melihat pertumbuhan besar-besaran. Pada kuartal ketiga saja, total pasokannya meningkat 623%. Faktanya, ada begitu banyak Dai yang dicetak dan dikunci dalam protokol pertanian hasil sehingga kadang-kadang mengalami kesulitan mempertahankan pasak satu lawan satu dengan dolar AS.

Rune Christensen

Rune Christensen 2021:

Dengan nilai total terkunci di DeFi yang terus mencapai tertinggi baru sepanjang masa pada awal tahun 2021, Maker tetap menjadi yang terdepan. Tetapi ketika adopsi meningkat dan DeFi menjadi lebih umum, Christensen mungkin melihat dominasi platform yang ia dirikan tertantang. Sementara Maker akan melihat manfaat dari pertumbuhan tersebut, platform baru juga akan muncul, dan platform yang sudah ada akan berinovasi. Tetapi mengingat bahwa Dai terus dikunci untuk menyediakan likuiditas untuk protokol pinjaman, dikombinasikan dengan peningkatan adopsi stablecoin arus utama, ini mungkin memberikan keunggulan yang dibutuhkannya.

Namun, karena protokol Maker terus terdesentralisasi sepanjang tahun 2021, peran dan pengaruh individu Christensen sendiri dalam ekosistem akan secara bertahap berkurang, yang mungkin membuatnya mengalihkan fokusnya ke proyek baru yang menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.