Jack Dorsey

Jack Dorsey adalah seorang pengusaha Amerika, dan salah satu pendiri dan mantan CEO Twitter.

Dia juga mendirikan dan merupakan CEO perusahaan pembayaran seluler Block Inc., sebelumnya bernama Square.

Dia lahir dan dibesarkan di St. Louis, Missouri, tempat dia bersekolah dan Universitas Missouri–Rolla sampai dia pindah ke New York City. Dia mendaftar di Universitas New York, tetapi keluar sesaat sebelum lulus dan pindah ke California.

Pada tahun 2000, ia datang dengan ide up-to-date, layanan pesan instan terinspirasi oleh LiveJournal dan AOL Instant Messenger, dan selama lima tahun berikutnya, Dorsey membayangkan konsep yang segera berkembang menjadi Twitter.

Pada Mei 2010, Dorsey dan salah satu pendiri Jim McKelvey meluncurkan Square, platform bisnis kecil yang menerima pembayaran kartu debit dan kredit pada perangkat seluler. Bisnis dengan cepat berubah dari 10 karyawan menjadi 100 dan kapitalisasi pasar sebesar $3,2 miliar pada tahun 2012, dan terdaftar di Bursa Efek New York pada tahun 2015.

Dorsey telah lama menjadi pendukung Bitcoin dan selalu berpikir Bitcoin bisa menjadi mata uang kripto asli internet. Nya Square telah terlibat dalam pengembangan teknologi dengan pendanaan langsung dari pengembang Bitcoin Core.

2020 adalah titik balik bagi Square dan Dorsey, yang meluncurkan Square Financial Services dan mendapat lampu hijau dari FDIC untuk membuka bank. Square juga meluncurkan divisi crypto untuk mendukung adopsi Bitcoin melalui infrastruktur, pengembangan protokol, dan desain UX.

Jack Dorsey 2021

2021 adalah tahun yang penuh gejolak bagi Dorsey dan Twitter, dimulai dengan pendekatan sensor kontroversial yang memengaruhi layanan dan komunitas crypto dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa mengkritik sensor sebagai tidak konsisten dengan komitmen Dorsey untuk berkontribusi pada layanan keuangannya yang terbuka dan tanpa izin dan menciptakan platform media sosial yang terdesentralisasi dan terbuka.

Pada bulan Februari, Square membeli 3.318 Bitcoin, mengkonsolidasikan posisi yang telah dibangunnya pada tahun 2020, dengan total 8.027 Bitcoin.

Pada bulan Maret, tweet pertama Dorsey dari tahun 2006 dijual sebagai NFT dengan harga sekitar $2,9 juta dalam bentuk Ether, yang langsung diubah Dorsey menjadi Bitcoin. Dia sering menegaskan bahwa dia tidak mendukung Ethereum karena tidak terbuka dan terdesentralisasi seperti Bitcoin. Janjinya untuk berkontribusi pada Bitcoin sebagai mata uang asli internet mulai terwujud ketika ia memperkenalkan pembayaran BTC Lightning di Twitter pada kuartal terakhir tahun 2021.

Pada bulan November, Dorsey mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Twitter dan komitmen penuh waktunya untuk membangun keuangan terdesentralisasi di Bitcoin dengan Square, berganti nama menjadi Block Inc.

Jack Dorsey

Jack Dorsey 2022

Di tahun baru, Dorsey akan mempertahankan posisinya sebagai CEO Twitter hingga Juni, dan kemudian dia akan meninggalkan perusahaan untuk fokus pada Bitcoin dan Block Inc. sepenuhnya. Dorsey diharapkan untuk mengkonfirmasi janjinya untuk mendorong adopsi Bitcoin sebagai mata uang asli internet dan mengembangkan Block Inc. lebih lanjut di sektor keuangan terdesentralisasi.

Dia kemungkinan akan memperluas operasinya di benua Afrika, karena dia terkenal bersemangat mendorong adopsi di wilayah itu, di mana dia telah bepergian secara ekstensif. Dia percaya di situlah sistem moneter terbuka dan terdesentralisasi lebih dibutuhkan untuk memberdayakan penduduk setempat melawan rezim otoriter dan pasar tertutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.