Brian Armstrong, Pendiri Coinbase

Brian Armstrong, salah satu orang paling berpengaruh yang bekerja di industri cryptocurrency adalah CEO dan salah satu pendiri salah satu pertukaran crypto terbesar dan terpopuler di dunia – Coinbase.

Dia telah muncul di berbagai 40 di bawah 40 publikasi untuk pencapaiannya, adalah pendukung adopsi Bitcoin, dan tidak gagal untuk mendidik orang di seminar, konferensi, dan lokakarya. Bersama dengan Charlie Lee dan anggota awal platform Coinbase lainnya, ia dapat mencapai status “Unicorn” dengan perusahaannya.

Kehidupan Brian Armstrong

Brian Armstrong lahir pada 25 Januari 1983, dan dibesarkan di San Jose, California. Saat di Sekolah Menengah, ia mulai belajar Java dan CSS karena ia telah mengembangkan minatnya pada teknologi komputer. Karena sifatnya yang kutu buku, ia sering mendapat tatapan aneh dari teman-temannya. Dia mendapatkan pekerjaan bergaji pertamanya ketika dia masih di Sekolah Menengah dan dia sedang merancang situs web untuk bisnis skala kecil di daerah di San Jose. Saat itu dia sedang bekerja di garasi tetangganya.

Brian melanjutkan studinya di The Rice University, Houston, Texas, pada tahun 2001, di mana ia belajar Ilmu Komputer dan Ekonomi. Pada tahun 200, ia lulus dengan gelar ganda di bidang Ekonomi dan Ilmu Komputer. Ia melanjutkan untuk belajar di universitas yang sama untuk Program Magisternya, menyelesaikan gelar Magister Ilmu Komputer pada tahun 2006. Setelah meninggalkan perguruan tinggi, ia memutuskan untuk menghabiskan satu tahun di Buenos Aires, Argentina.

Karir Pra-Blockchain

Di Rice University, Brian, seorang junior pada saat itu, menghabiskan empat bulan sebagai magang di IBM di San Jose, California, di mana ia merancang bangku berbasis Java untuk perangkat Penyimpanan Terpasang Jaringan, dengan pengetahuannya di Jawa. Setelah menyelesaikan dari Rice University, ia mendapat pekerjaan di Deloitte and Touche sebagai Konsultan Manajemen Risiko Perusahaan.

Brian mendirikan UniversityTutor.com bersama John Nelson pada Juni 2003, saat dia masih junior. Situs web ini membantu para tutor membuat perusahaan bimbingan belajar dan menawarkan layanan mereka kepada sejumlah calon siswa-klien. Orang tua dan siswa, di sisi lain, dapat menemukan tutor pilihan mereka. Platform menyediakan dan mendorong hubungan antara siswa dan tutor melalui pencocokan atribut berdasarkan sejumlah parameter. Atribut parameter ini termasuk tingkat pendidikan, lokasi geografis, area subjek, kedekatan, dan sejumlah lainnya. Platform ini unik karena memungkinkan tutor dan siswa yang berniat untuk mengatur titik pertemuan sesuai keinginan mereka, karena dibangun untuk kemudahan dan kenyamanan. Brian tetap di UniversityTutor.com sebagai CEO selama delapan tahun dari Agustus 2003 hingga Mei 2012.

Brian armstrong

Karir Teknologi Blockchain

Brian melakukan kontak dengan Bitcoin pada Natal 2010 dan menjadi tertarik, tetapi dia menyadari bahwa tidak banyak startup Bitcoin pada saat itu. Namun dia melihat ini sebagai peluang dan mulai memikirkan cara untuk memanfaatkan pasar yang berpotensi besar ini, dengan menjadi peserta yang rajin dalam pengembangan perusahaan rintisan. Ini melahirkan Coinbase.

Gairahnya untuk memulai bisnis tidak dimulai hari ini. Sejak SMA, dia selalu memiliki semangat untuk mendirikan bisnis. Dia dan teman-temannya saat di Sekolah Menengah, selalu melalui banyak ide bisnis, membuat kesalahan di sepanjang jalan, yang membentuknya dan melayaninya dengan baik ketika dia mulai melakukan usaha bisnis yang serius seperti Coinbase.

Coinbase

Sepanjang hidupnya, impian Brian Armstrong adalah menjadi guru teknologi dan dia tidak pernah gagal untuk mengejar karir di industri teknologi. Jurusan gandanya di bidang Ilmu Komputer dan Ekonomi, ditambah dengan pengalamannya dalam pemrograman komputer melengkapinya untuk terjun ke arena startup teknologi. Setelah berhubungan dengan Bitcoin dan menaruh minat yang besar, dia mencari cara untuk mengembangkan tempat pasar untuk mata uang kripto yang muncul saat itu.

Brian, bersama dengan Fred Ehrsam, menciptakan layanan pertukaran terkenal, Coinbase, pada Juni 2012. Duo ini membayangkan Coinbase menjadi pasar Bitcoin di mana orang akan dapat membeli cryptocurrency. Saat itu, menggunakan Bitcoin untuk transaksi sehari-hari hampir tidak mungkin. Tim kemudian mendaftarkan startup mereka di Program Inkubator Startup Y Combinator. Program ini terkenal karena menyediakan platform untuk startup dan berinvestasi di dalamnya. Mereka telah berinvestasi di startup lain di masa lalu seperti Dropbox, Airbnb, Reddit, dan Weebly. Perusahaan ini diluncurkan sepenuhnya pada Oktober 2012 dan mulai menyediakan layanan jual beli Bitcoin melalui transfer bank.

Coinbase telah memiliki sejumlah investor dan pemodal ventura terkemuka selama bertahun-tahun. Karena itu, Brian dan Fred dengan cepat memperluas ukuran operasi Coinbase dalam waktu singkat. Pada tahun 2013, Brian dan Coinbase berhasil mendapatkan investasi $5 juta dari Union Square Ventures (USV). Pada Desember 2013, USV bekerja sama dengan Ribbit Capital dan Andreessen Horowitz menginvestasikan total $25 juta di Coinbase.

Peningkatan Coinbase

Pada Januari 2015, Coinbase menjadi pertukaran Bitcoin pertama yang menjadi penerima investasi langsung dari lembaga keuangan besar. Bursa Efek New York, bersama dengan beberapa bank dan Draper Fisher Jurvetson, menginvestasikan $75 juta ke dalam perusahaan.

Pada 2016, 4,7 juta orang memiliki akun di Coinbase. Pada tahun 2017, jumlahnya naik menjadi 13,3 juta dan kenaikan meroket ini disebabkan oleh hasrat Brian terhadap mata uang alternatif untuk membangun perusahaan yang akan menjadi perusahaan terkait blockchain pertama yang mencapai status Unicorn.

Charlie Lee, pencipta Litecoin, salah satu raksasa cryptocurrency, dilaporkan sebagai orang ketiga yang dipekerjakan untuk bekerja di platform Coinbase setelah pembuatannya. Charlie mulai bekerja dengan Brian di Coinbase tepat setelah meninggalkan pekerjaannya di Google. Beliau menjabat sebagai Direktur Teknik selama di perusahaan tersebut hingga beliau keluar pada bulan Juni 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.