web3 - web generasi terbaru

Web3 – Generasi Web Terbaru

Web3 telah menjadi istilah umum untuk visi internet baru yang lebih baik. Pada intinya, Web3 menggunakan blockchain, cryptocurrency, dan NFT untuk memberikan kekuatan kembali kepada pengguna dalam bentuk kepemilikan. Dalam istilah singkat, Web1 hanya-baca, Web2 baca-tulis, Web3 akan baca-tulis-sendiri.

Sentralisasi telah membantu memasukkan miliaran orang ke internet dan menciptakan infrastruktur yang stabil dan kuat di mana ia hidup. Pada saat yang sama, segelintir entitas terpusat memiliki benteng di sebagian besar internet, secara sepihak memutuskan apa yang harus dan tidak boleh diizinkan.

Web3 adalah jawaban untuk dilema ini. Alih-alih internet dimonopoli oleh perusahaan teknologi besar, Web3 merangkul desentralisasi dan sedang dibangun, dioperasikan, dan dimiliki oleh penggunanya. Web3 menempatkan kekuasaan di tangan individu daripada perusahaan. Sebelum kita berbicara tentang Web3, mari kita jelajahi bagaimana kita sampai di sini.

Ide inti dari Web3

Meskipun sulit untuk memberikan definisi yang kaku tentang apa itu Web3, beberapa prinsip inti memandu pembuatannya.

  • Web3 terdesentralisasi: alih-alih sebagian besar internet dikendalikan dan dimiliki oleh entitas terpusat, kepemilikan didistribusikan di antara pembuat dan penggunanya.
  • Web3 tidak memiliki izin: setiap orang memiliki akses yang sama untuk berpartisipasi di Web3, dan tidak ada yang dikecualikan.
  • Web3 memiliki pembayaran asli: ia menggunakan cryptocurrency untuk membelanjakan dan mengirim uang secara online alih-alih mengandalkan infrastruktur bank dan pemroses pembayaran yang sudah ketinggalan zaman.
  • Web3 tidak dapat dipercaya: ia beroperasi menggunakan insentif dan mekanisme ekonomi alih-alih mengandalkan pihak ketiga yang tepercaya.

Mengapa Web3 penting?

Meskipun fitur pembunuh Web3 tidak terisolasi dan tidak sesuai dengan kategori yang rapi, untuk kesederhanaan kami telah mencoba memisahkannya agar lebih mudah dipahami.

Kepemilikan

Web3 memberi Anda kepemilikan aset digital Anda dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Misalnya, Anda sedang memainkan game web2. Jika Anda membeli item dalam game, item tersebut akan terikat langsung ke akun Anda. Jika pembuat game menghapus akun Anda, Anda akan kehilangan item ini. Atau, jika Anda berhenti bermain game, Anda kehilangan nilai yang Anda investasikan ke item dalam game Anda.

Web3 memungkinkan kepemilikan langsung melalui token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) . Tidak seorang pun, bahkan pembuat game, memiliki kekuatan untuk mengambil kepemilikan Anda. Dan, jika Anda berhenti bermain, Anda dapat menjual atau memperdagangkan item dalam game Anda di pasar terbuka dan mendapatkan kembali nilainya.

Resistensi sensor

Dinamika kekuatan antara platform dan pembuat konten sangat tidak seimbang.

OnlyFans adalah situs konten dewasa yang dibuat pengguna dengan lebih dari 1 juta pembuat konten, banyak di antaranya menggunakan platform ini sebagai sumber pendapatan utama mereka. Pada Agustus 2021, OnlyFans mengumumkan rencana untuk melarang konten seksual eksplisit. Pengumuman tersebut memicu kemarahan di antara pembuat konten di platform, yang merasa pendapatan mereka dirampok di platform yang mereka bantu ciptakan. Setelah serangan balik, keputusan itu dengan cepat dibatalkan. Meskipun pencipta memenangkan pertempuran ini, ini menyoroti masalah bagi pembuat Web 2.0: Anda kehilangan reputasi dan mengikuti Anda jika Anda meninggalkan platform.

Di Web3, data Anda berada di blockchain. Saat Anda memutuskan untuk meninggalkan platform, Anda dapat membawa reputasi Anda, menghubungkannya ke antarmuka lain yang lebih jelas selaras dengan nilai-nilai Anda.

Web 2.0 mengharuskan pembuat konten untuk mempercayai platform untuk tidak mengubah aturan, tetapi resistensi sensor adalah fitur asli dari platform Web3.

Identitas

Secara tradisional, Anda akan membuat akun untuk setiap platform yang Anda gunakan. Misalnya, Anda mungkin memiliki akun Twitter, akun YouTube, dan akun Reddit. Ingin mengubah nama tampilan atau gambar profil Anda? Anda harus melakukannya di setiap akun. Anda dapat menggunakan login sosial dalam beberapa kasus, tetapi ini menimbulkan masalah yang sudah tidak asing lagi—penyensoran. Dalam satu klik, platform ini dapat mengunci Anda dari seluruh kehidupan online Anda. Lebih buruk lagi, banyak platform mengharuskan Anda memercayai mereka dengan informasi pengenal pribadi untuk membuat akun.

Web3 memecahkan masalah ini dengan memungkinkan Anda untuk mengontrol identitas digital Anda dengan alamat Ethereum dan profil ENS. Menggunakan alamat Ethereum menyediakan satu login di seluruh platform yang aman, tahan sensor, dan anonim.

Pembayaran asli

Infrastruktur pembayaran Web2 bergantung pada bank dan pemroses pembayaran, tidak termasuk orang tanpa rekening bank atau mereka yang kebetulan tinggal di perbatasan negara yang salah. Web3 menggunakan token seperti ETH untuk mengirim uang langsung di browser dan tidak memerlukan pihak ketiga yang tepercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.