Apa itu 10-K?

10-K adalah laporan komprehensif yang diajukan setiap tahun oleh perusahaan publik tentang kinerja keuangannya dan diwajibkan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Laporan tersebut berisi lebih banyak detail daripada laporan tahunan perusahaan, yang dikirimkan kepada pemegang sahamnya sebelum rapat tahunan untuk memilih direktur perusahaan.

Beberapa informasi yang harus didokumentasikan oleh perusahaan dalam 10-K mencakup riwayat, struktur organisasi, laporan keuangan, laba per saham, anak perusahaan, kompensasi eksekutif, dan data relevan lainnya.

SEC mewajibkan laporan ini untuk membuat investor tetap sadar akan kondisi keuangan perusahaan dan untuk memungkinkan mereka memiliki informasi yang cukup sebelum mereka membeli atau menjual saham di perusahaan, atau sebelum berinvestasi di obligasi perusahaan perusahaan.

Karena kedalaman dan sifat informasi yang dikandungnya, 10-K cukup panjang dan cenderung rumit. Tetapi investor perlu memahami bahwa ini adalah salah satu dokumen terlengkap dan terpenting yang dapat diterbitkan oleh perusahaan publik setiap tahun. Semakin banyak informasi yang dapat mereka kumpulkan, semakin mereka dapat memahami tentang perusahaan.

Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk menerbitkan formulir 10-K agar investor memiliki informasi yang mendasar tentang perusahaan sehingga mereka dapat mengambil keputusan investasi yang tepat. Formulir ini juga memberikan gambaran yang lebih jelas tentang segala sesuatu yang dilakukan perusahaan dan jenis risiko yang akan dihadapinya.

Pengajuan 10-K juga mencakup surat yang ditandatangani dari chief executive officer dan chief financial officer perusahaan. Di dalamnya, para eksekutif bersumpah di bawah sumpah bahwa informasi yang termasuk dalam 10-K akurat. Surat-surat ini menjadi persyaratan setelah beberapa kasus profil tinggi yang melibatkan penipuan akuntansi menyusul kehancuran dot-com.

Arsip 10-K adalah informasi publik dan tersedia melalui sejumlah sumber. Faktanya, sebagian besar perusahaan memasukkan mereka ke bagian Hubungan Investor di situs web mereka. Informasi yang termasuk dalam 10-K bisa jadi sulit untuk dilalui, tetapi semakin akrab investor dengan tata letak dan jenis informasi yang disertakan, kemungkinan akan menjadi lebih mudah untuk mengidentifikasi detail yang paling penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge