Mengenal Wrapped Bitcoin (WBTC)

Wrapped Bitcoin (WBTC) adalah versi tokenized dari Bitcoin (BTC) yang berjalan di blockchain Ethereum (ETH).

WBTC sesuai dengan ERC-20 standar kompatibilitas dasar dari blockchain Ethereum memungkinkannya untuk diintegrasikan sepenuhnya ke dalam ekosistem pertukaran terdesentralisasi, layanan pinjaman kripto, pasar prediksi, dan aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang diaktifkan ERC-20 lainnya. .

WBTC juga didukung oleh Bitcoin dengan rasio 1: 1 melalui jaringan pedagang dan penjaga yang dipantau secara otomati. Memastikan bahwa harganya dipatok ke Bitcoin setiap saat dan memungkinkan pengguna untuk mentransfer likuiditas antara BTC dan jaringan ETH secara terdesentralisasi dan cara otonom.

Wrapped Bitcoin pertama kali diumumkan pada 26 Oktober 2018, dan secara resmi diluncurkan pada 31 Januari 2019.

Penemu Wrapped Bitcoin (WBTC)

Wrapped Token,di mana WBTC menjadi bagiannya. Tidak didirikan oleh individu tetapi merupakan proyek gabungan dari tiga organisasi: BitGo, Jaringan Kyber, dan Ren.

BitGo, didirikan pada tahun 2013 oleh ilmuwan komputer dan pengusaha Amerika Mike Belshe. Adalah perusahaan penyimpanan aset digital, perdagangan dan jasa keuangan institusional. Selain menjadi salah satu pengembang WBTC, BitGo juga berfungsi sebagai kustodian aslinya. Entitas yang memegang token WBTC dan kunci yang diperlukan untuk mencetak lebih banyak token.

Wrapped Bitcoin (WBTC)

Kyber Network adalah protokol likuiditas di blockchain yang memungkinkan integrasi berbagai token cryptocurrency dan aplikasi DeFi. Didirikan pada tahun 2017 oleh Loi Luu, Victor Tran dan Yaron Velner dan berbasis di Singapura. Bersama dengan Ren, Kyber Network telah membantu menciptakan WBTC dan masih berfungsi sebagai pedagang di jaringannya — lembaga yang mencetak dan membakar token WBTC untuk mempertahankan rasio token 1:1 terhadap cadangan BTC.

Serupa dengan Kyber, Ren adalah perusahaan yang berfokus pada integrasi lintas-blockchain aset cryptocurrency dan aplikasi DeFi melalui solusi seperti RenBridge, RenVM, dan lainnya. Didirikan pada tahun 2017 oleh Taiyang Zhang dan Loong Wang.

Keunikan Wrapped Bitcoin (WBTC)

Menjadi cryptocurrency tertua dan terbesar di pasar. Bitcoin dapat membanggakan basis pengguna yang besar dan kumpulan likuiditas beberapa lusin miliar dolar. Namun, fungsionalitas blockchain-nya relatif mendasar menurut standar modern.

Tidak seperti Bitcoin, Ethereum dibangun dari bawah ke atas untuk mendukung kasus penggunaan yang lebih maju dengan memanfaatkan teknologi smart pintar. Sehingga memunculkan seluruh industri yang dijuluki “keuangan terdesentralisasi.”

Ethereum dan produk turunannya menawarkan kepada penggunanya instrumen keuangan canggih seperti pinjaman dan asuransi, yang tidak bergantung pada perantara tepercaya.

Dengan “membungkus” BTC dalam standar ERC-20,. WBTC memungkinkan integrasi penuh aset seperti Bitcoin ke dalam lingkungan aplikasi terdesentralisasi keuangan yang canggih ini. Membawa serta likuiditas besar yang terkait dengan pasar BTC.

Selain itu, Wrapped Bitcoin membuat pekerjaan menjadi lebih mudah secara signifikan untuk pertukaran, dompet, dan layanan pembayaran yang bekerja dengan Ethereum. Daripada harus menjalankan dua node terpisah untuk jaringan ETH dan BTC, mereka dapat mendukung operasi WBTC hanya dengan node Ethereum.

Terakhir, rata-rata waktu pemblokiran blockchain Ethereum yang lebih cepat masing-masing sekitar 15 detik vs 10 menit meningkatkan kecepatan transaksi WBTC, dibandingkan dengan bitcoin yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.