Mengenal USD Coin (USDC)

USD Coin (USDC) adalah stablecoin yang dipatok ke dolar AS dengan basis 1:1. Setiap unit mata uang kripto yang beredar ini didukung oleh $1 yang disimpan sebagai cadangan. Dalam campuran uang tunai dan obligasi Treasury AS jangka pendek. Konsorsium Pusat, yang berada di balik aset ini, mengatakan USDC dikeluarkan oleh lembaga keuangan yang diatur.

Stablecoin awalnya diluncurkan secara terbatas pada September 2018. Sederhananya, mantra USD Coin adalah “uang digital untuk era digital” dan stablecoin dirancang untuk dunia di mana transaksi tanpa uang tunai menjadi lebih umum.

Beberapa kasus penggunaan telah diungkapkan untuk Koin USD. Selain menyediakan tempat yang aman bagi pedagang crypto di saat volatilitas, mereka yang berada di belakang stablecoin mengatakan itu juga dapat memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dalam aset digital. Dan mengguncang berbagai sektor termasuk keuangan dan permainan yang terdesentralisasi.

Secara keseluruhan, tujuannya adalah untuk menciptakan ekosistem di mana USDC diterima oleh sebanyak mungkin dompet, bursa, penyedia layanan, dan dApps.

USD Coin (USDC)

Penemu USD Coin (USDC)

Konsorsium Pusat memiliki dua anggota pendiri. Salah satunya adalah perusahaan layanan pembayaran peer-to-peer Circle, sementara yang lainnya adalah pertukaran cryptocurrency Coinbase. Usaha kripto lainnya terbuka untuk bergabung dengan konsorsium ini.

Menjelaskan alasan di balik USDC, salah satu pendiri Circle Jeremy Allaire dan Sean Neville menulis: “Kami percaya bahwa internet pertukaran nilai yang terbuka dapat mengubah dan mengintegrasikan dunia lebih dalam, pada akhirnya menghilangkan batas ekonomi buatan dan memungkinkan pasar global yang lebih efisien dan inklusif. yang menghubungkan setiap orang di planet ini.”

Pada tahun 2020, Circle dan Coinbase secara kolektif mengumumkan peningkatan besar pada protokol dan kontrak pintar USDC. Tujuan dari peningkatan ini adalah untuk mempermudah penggunaan Koin USD untuk pembayaran sehari-hari, perdagangan, dan transaksi peer-to-peer.

Keunikan USD Coin (USDC)

Pasar stablecoin telah menjadi sangat ramai selama beberapa tahun terakhir. Tetapi USD Coin bertujuan untuk berdiri tegak di atas pesaing dalam beberapa cara.

Salah satunya menyangkut transparansi dan memberikan jaminan kepada pengguna bahwa mereka akan dapat menarik 1 USDC dan menerima $1 sebagai imbalan tanpa masalah. Untuk tujuan ini, dikatakan bahwa sebuah firma akuntansi besar ditugaskan untuk memverifikasi tingkat uang tunai yang disimpan sebagai cadangan, dan memastikan ini sesuai dengan jumlah token yang beredar.

Tidak seperti beberapa usaha kripto, Circle dan Coinbase juga telah mencapai kepatuhan terhadap peraturan dan ini telah membantu membuka jalan bagi ekspansi internasional. Kedua proyek juga didanai dengan baik, memberikan kepastian stablecoin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.