Mengenal THORChain (RUNE)

THORChain (RUNE) adalah protokol likuiditas terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menukar aset cryptocurrency di berbagai jaringan tanpa kehilangan hak asuh penuh atas aset mereka dalam prosesnya.

Dengan THORChain, pengguna cukup menukar satu aset dengan aset lainnya dalam pengaturan tanpa izin, tanpa perlu bergantung pada buku pesanan untuk sumber likuiditas. Sebaliknya, harga pasar dipertahankan melalui rasio aset dalam kumpulan (lihat pembuat pasar otomatis).

Token utilitas asli dari platform THORChain adalah RUNE. Ini digunakan sebagai mata uang dasar dalam ekosistem THORChain dan juga digunakan untuk tata kelola dan keamanan platform sebagai bagian dari mekanisme resistensi Sybil THORChain — karena node THORChain harus melakukan minimal 1 juta RUNE untuk berpartisipasi dalam proses konsensus bergilirnya.

THORChain didanai melalui penawaran DEX awal (IDO) yang diluncurkan melalui Binance DEX pada Juli 2019. Mainnetnya awalnya diluncurkan pada Januari 2021, tetapi peningkatan multi-rantai saat ini dijadwalkan untuk 2021.

Penemu THORChain (RUNE)

Menurut perwakilan resmi THORChain, platform ini tidak memiliki CEO, pendiri, dan direktur. Sebagai gantinya, pengembangan lebih lanjut dari platform diatur melalui Gitlab.

Selain itu, mereka yang saat ini mengerjakan proyek ini sebagian besar anonim. Sekali lagi, perwakilan resmi THORChain menyatakan bahwa ini adalah untuk “melindungi proyek dan memastikan bahwa itu dapat didesentralisasi.”

THORChain (RUNE)

Keunikan THORChain (RUNE)

THORChain (RUNE) menggunakan sistem unik untuk membantu mengurangi masalah “kerugian tidak tetap” — atau kerugian yang seringkali bersifat sementara yang dapat dialami oleh penyedia likuiditas ketika berkontribusi pada kumpulan likuiditas. Ini mencapai ini dengan menggunakan biaya berbasis slip untuk membantu memastikan likuiditas tetap di tempat yang dibutuhkan.

Selain itu, THORChain menggabungkan berbagai teknologi baru, termasuk on-way state peg, state machine, Bifröst Signer Module dan protokol TSS untuk memfasilitasi pertukaran token lintas-rantai dengan mulus. Ini semua disimpan di belakang layar, membuat platform dapat diakses oleh pedagang yang tidak berpengalaman sekalipun.

Platform ini tidak berorientasi pada keuntungan. Semua biaya yang dihasilkan oleh protokol langsung ke pengguna, dan tidak ada ketentuan untuk tim. Sebaliknya, tim diberi insentif hanya dengan mengadakan RUNE — sama seperti orang lain.

Token RUNE saat ini tersedia di beberapa blockchain, termasuk Binance Chain (sebagai token BEP-2) dan Ethereum (sebagai token ERC-20).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.