Mengenal Ren (REN)

Ren (REN) adalah protokol terbuka yang dibangun untuk menyediakan interoperabilitas dan likuiditas antara platform blockchain yang berbeda.

Sebelumnya dikenal sebagai Republic Protocol, Ren meluncurkan RenVM, mainnet mesin virtualnya, pada Mei 2020, setelah menyelesaikan penawaran koin awal (ICO) senilai $34 juta pada 2018.

Token asli protokol, REN, berfungsi sebagai ikatan untuk node yang menjalankan yang memberi daya pada RenVM, yang dikenal sebagai Darknodes.

Ren bertujuan untuk memperluas interoperabilitas, dan karenanya aksesibilitas, keuangan terdesentralisasi (DeFi) dengan menghilangkan rintangan yang terlibat dalam likuiditas antara blockchain.

Penemu

Ren didirikan oleh Taiyang Zhang, CEO-nya, pada tahun 2017. Awalnya disebut Protokol Republik, pertama kali diumumkan pada Januari 2018, dengan Zhang menjelaskan kasus penggunaan awalnya sebagai “kolam gelap terdesentralisasi.”

Zhang sendiri memiliki pengalaman yang ada di ruang cryptocurrency, juga ikut mendirikan hedge fund crypto Virgil Capital.

Sebelum itu, Zhang mendirikan Neucode, sebuah startup perangkat lunak dan pengembangan web, pada tahun 2014. Jaz Gulati, salah satu pendiri Neucode lainnya, sekarang bekerja sebagai pengembang perangkat lunak untuk Ren.

Ren (REN)

Keunikan

Platform yang kompleks dengan banyak kasus penggunaan, tetapi pada akhirnya dirancang untuk mengatasi hambatan masuk dan investasi untuk proyek DeFi.

Sebagai plug-in, ini memungkinkan proyek DeFi untuk membawa aset cryptocurrency asing seperti Bitcoin (BTC) dan Zcash (ZEC) ke penawaran mereka. Secara lebih luas, pengguna pada dasarnya dapat menukar token apa pun di antara dua blockchain mana pun tanpa langkah tengah seperti menggunakan apa yang disebut versi token yang “dibungkus”, misalnya Wrapped Bitcoin (WBTC) dan Wrapped Ethereum (WETH).

RenVM adalah jaringan komputer virtual yang membentuk mesin virtual. Mesin yang memberi daya pada jaringan yang membentuk RenVM disebut Darknodes.

Membebankan berbagai biaya untuk operasi internal, tetapi sebagian besar tidak mengarah pada keuntungan langsung, melainkan dibayarkan kepada penambang. Sebagai token ERC-20, juga menarik berbagai biaya gas untuk transaksi listrik.

Bagaimana Jaringannya Diamankan?

RenVM adalah protokol toleran kesalahan Bizantium yang memfasilitasi pembuatan dan penandatanganan kunci ambang ECDSA melalui komputasi mutli-party (sMPC) yang aman. Hal ini memungkinkan RenVM untuk mengelola kunci pribadi (ECDSA) dengan aman pada blockchain yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk memindahkan token di antara blockchain ini (yaitu interoperabilitas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.