Mengenal NEAR Protocol (NEAR)

NEAR Protocol (NEAR) adalah blockchain layer-one yang dirancang sebagai platform komputasi awan yang dijalankan komunitas dan menghilangkan beberapa batasan yang telah menghambat blockchain pesaing, seperti kecepatan transaksi rendah, throughput rendah, dan interoperabilitas yang buruk. Ini menyediakan lingkungan yang ideal untuk DApps dan menciptakan platform yang ramah pengguna dan pengembang. Misalnya, NEAR menggunakan nama akun yang dapat dibaca manusia, tidak seperti alamat dompet kriptografi yang umum untuk Ethereum. NEAR juga memperkenalkan solusi unik untuk masalah penskalaan dan memiliki mekanisme konsensus sendiri yang disebut “Doomslug.”

Protokol NEAR sedang dibangun oleh Kolektif NEAR, komunitasnya yang memperbarui kode awal dan merilis pembaruan ke ekosistem. Tujuan yang dinyatakan adalah untuk membangun platform yang “cukup aman untuk mengelola aset bernilai tinggi seperti uang atau identitas dan cukup berkinerja untuk membuatnya berguna bagi orang-orang biasa.”

Flux, protokol yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan pasar berdasarkan aset, komoditas, peristiwa dunia nyata, dan Mintbase, platform pencetakan NFT adalah contoh proyek yang dibangun di NEAR Protocol.

Penemu NEAR Protocol (NEAR)

NEAR Protocol (NEAR) didirikan oleh Erik Trautman, seorang pengusaha dengan pengalaman di Wall Street dan pendiri Viking Education. Pendirinya adalah Illia Polosukhin, yang memiliki lebih dari sepuluh tahun pengalaman industri, termasuk tiga tahun di Google, dan Alexander Skidanov, seorang ilmuwan komputer yang bekerja di Microsoft dan kemudian bergabung dengan memSQL, di mana ia menjadi direktur teknik. NEAR Protocol memiliki tim pengembang berpengalaman yang luas yang mencakup beberapa peraih medali emas dan pemenang International Collegiate Programming Contest (ICPC). Tim mengklaim memiliki orang-orang dengan pengalaman membangun beberapa dari satu-satunya sistem sharded dunia nyata dalam skala besar, solusi yang dikejar protokol untuk meningkatkan skalabilitas blockchain.

NEAR Protocol (NEAR)

Keunikan NEAR Protocol (NEAR)

NEAR menggunakan teknologi Nightshade untuk meningkatkan throughput transaksi secara besar-besaran. Nightshade adalah variasi sharding, di mana set validator individu memproses transaksi secara paralel di beberapa rantai sharding, meningkatkan kapasitas keseluruhan blockchain. Berbeda dengan pecahan “biasa”, pecahan di Nightshade menghasilkan sebagian kecil dari blok berikutnya, yang disebut “potongan”. Dengan demikian, Protokol NEAR mampu mencapai hingga 100.000 transaksi per detik dan mencapai finalitas transaksi hampir instan berkat irama blok satu detik sekaligus menjaga biaya transaksi hampir nol.

Protokol NEAR juga meningkatkan proses onboarding yang berbelit-belit dari blockchain lain dengan memiliki alamat yang dapat dibaca manusia dan membangun aplikasi terdesentralisasi dengan alur pendaftaran yang serupa dengan apa yang telah dialami pengguna. Selain itu, ini memberi pengembang komponen modular, membantu mereka memulai proyek seperti kontrak token atau NFT lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.