Mengenal Koin Helium (HNT)

Koin Helium (HNT) adalah jaringan bertenaga blockchain terdesentralisasi untuk perangkat Internet of Things (IoT).

Meluncur pada Juli 2019, mainnet Helium memungkinkan perangkat nirkabel berdaya rendah untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengirim data melalui jaringan node-nya.

Node hadir dalam bentuk Hotspot, yang merupakan kombinasi dari gateway nirkabel dan perangkat penambangan blockchain. Pengguna yang mengoperasikan node menambang dan mendapatkan hadiah dalam token cryptocurrency asli Helium, HNT.

Tujuan Helium adalah untuk mempersiapkan komunikasi IoT untuk masa depan, mengidentifikasi kekurangan dalam infrastruktur saat ini sejak kelahirannya pada tahun 2013.

Koin Helium (HNT)

Penemu Koin Helium (HNT)

Tiga pendiri Helium, Amir Haleem, Shawn Fanning, dan Sean Carey memulai perusahaan pada 2013.

Haleem memiliki latar belakang eSports dan pengembangan game yang aktif. Fanning, terkenal karena mengembangkan Napster. Layanan berbagi musik yang merupakan salah satu layanan internet peer-to-peer (P2P) arus utama pertama di akhir 1990-an.

Sementara itu Carey memegang beberapa peran pengembangan sebelum Helium, termasuk perusahaan pengoptimalan periklanan Where (selanjutnya diakuisisi Paypal).

Tim Helium sekarang terdiri dari anggota yang menurut perusahaan memiliki pengalaman dalam “radio dan perangkat keras, manufaktur, sistem terdistribusi, teknologi peer-to-peer dan blockchain.”

Keunikan Koin Helium (HNT)

Helium bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi perangkat Internet of Things (IoT) nirkabel. Pada tahun 2013, infrastruktur seputar IoT masih dalam masa pertumbuhan. Tetapi pengembang ingin menambahkan desentralisasi ke penawaran mereka, oleh karena itu menyebutnya sebagai “Jaringan Rakyat” dalam literatur resmi.

Daya tarik utamanya adalah bagi pemilik perangkat dan mereka yang tertarik dengan ruang IoT. Dengan insentif finansial yang memberikan kemungkinan penjangkauan lebih lanjut.

Peserta jaringan membeli Hotspot — kombinasi gateway nirkabel dan penambang — atau membuatnya sendiri. Setiap hotspot menyediakan jangkauan jaringan pada radius tertentu, dan juga menambang token asli Helium, HNT.

Jaringan berjalan pada proof-of-coverage, algoritma konsensus baru berdasarkan protokol HoneyBadger BFT yang memungkinkan node dalam jaringan mencapai konsensus ketika kualitas koneksi sangat bervariasi.

Selain HNT, pengguna membayar biaya transaksi dalam token terpisah yang disebut Kredit Data, yang tidak dapat ditukar dan terikat dengan pengguna individu itu sendiri.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.